Daftar Blog Saya

Diberdayakan oleh Blogger.

Janin Bayi

Janin Bayi mulai terlihat jelas saat janin bayi berusia 3 Bulan. Pada minggu ke-9 jika jenis kelaminnya laki-laki, maka pada usia ini sudah dapat dipastikan, sedangkan jika perempuan masih sesekali sedikit meragukan. Mulut serta hidung janin sudah tampak dengan jelas. Tungkai serta lengannya mulai tumbuh. Janin sudah dapat membuka serta menutup mulutnya, dan Dia mulai berlatih untuk melakukan gerakan menelan serta menghisap. Aktivitas menelan oleh janin bayi, biasanya sebanyak 25 kali dalam 1 jam. Tangan janin juga mulai bergerak bebas. Dalam artian, tidak lagi tergantung pada gerakan tubuh. Sebentuk kuku tiap jari tangan serta kakinya mulai muncul pada minggu ini. Pada minggu ini janin panjangnya sekitar 39 mm dengan bobot sekitar 20 gram. Pada minggu ini rongga dada dan perut telah terpisah dan otot mata serta bibir atas telah terbentuk. Pembentukan kulit serta fungsinya berkembang menuju penyempurnaan.


Memasuki minggu ke-10, jenis kelamin perempuan bisa diketahui dengan jelas. Tulang telah menggantikan kartilago (tulang muda). Diafragma memisahkan jantung serta paru-paru dari perut. Otot leher mulai terbentuk. Otak berkembang dengan cepat dalam bulan terakhir ini hingga proporsi ukuran kepala lebih besar dari tubuh. Sistem otot serta saraf sudah mencapai tingkat kematangan. Selain telah mampu juga mengirim dan menerima pesan dari otak. Dengan memiliki fungsi sistem saraf yang telah mulai berfungsi, janin sudah mampu untuk melakukan gerakan refleks. Malahan kaki telah mampu melakukan gerakan menendang-nendang. Pembentukan telinga telah berakhir. Janin sudah mampu menekuk tangannya jadi setengah kepalan.Memasuki mingggu ke-11, Panjang tubuhnya telah mencapai sekira 6,5 cm. Baik rambut, kukunya mulai tumbuh. Terkadang di usia ini janin juga sudah menguap. Organ kelamin luar juga sudah terbentuk, serta folikel-folikel rambut dan juga gigi. Janin sudah bisa menelan cairan amnion serta mengeluarkannya kembali dengan kencing. Mata telah terbentuk lengkap, jaringan tangan serta kaki sudah tumbuh, meski belum disatukan dengan jaringan kulit. Gerakan demi gerakan jkaki dan tangan janin, termasuk gerakan meluruskan tubuh, menggeliat dan menundukkan kepala, telah dapat dirasakan oleh ibu. malah, janin sudah dapat mengubah posisinya dengan memanjang, berputar, bergelung, atau bahkan jumpalitan yang seringkali terasa menyakitkan namun juga memberikan sensasi kebahagiaan tersendiri bagi sang Ibu.

Janin bayi minggu ke-12 Ukurannya sudah sekitar 8 cm. semua organ vital bayi sudah terbentuk. Dengan sinyal dari otak, otot akan merespon dan bayi sudah bisa menendang. Akhir trimester pertama, organ tubuh bayi telah terbentuk. rasa mual serta lelah Bunda biasanya telah berkurang dan bahkan hilang. Pada perkembangan selanjutnya, akan tampak pertumbuhan bayi dan juga tubuh Ibu yang semakin membesar. Janin bayi usia tiga bulan akan mengalami cegukan, yang normal saja. Jika diinginkan, pada minggu ini juga dapat didiagnosa penyakit keturunan seperti thalassemia atau sindroma Down, yang dapat dilakukan melalui pemeriksaan Chorion Villus (CVS) untuk memastikan ada atau tidaknya kerusakan pada kromosom. Caranya adalah dengan mengambil sampel sel plasenta yang dapat dilakukan dengan transabdominal melalui leher rahim/transervikal atau perut. Kelainan kromosom bisa terjadi lantaran adanya kelainan kromosom pada orang tua. Atau karena pengaruh bakteri, virus, penyakit ataupun zat berbahaya lainnya yang menyerang sel embrio. PUSAT GROSIR DISTRIBUTOR KULAKAN
100out of 100 based on 99998 ratings. 1 user reviews.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Bayi dengan judul Janin Bayi. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://ibuhamilbayisehat.blogspot.com/2013/08/janin-bayi.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Anonim - Jumat, 16 Agustus 2013

Belum ada komentar untuk "Janin Bayi"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Entri Populer

Artikel Ibu Hamil