Daftar Blog Saya

Diberdayakan oleh Blogger.

Makalah Gizi Ibu Hamil

Makalah Gizi Ibu Hamil -  Selama masa kehamilan, kebutuhan gizi ibu hamil yang seinmbang sangat dibutuhkan oleh Ibu hamil. Karena, saat masa kehamilan biasanya adalah masa stres fisiologi pada ibu yang sedang hamil. Ibu hamil ataupun idak hamil sebenarnya membutuhkan asupan gizi yang sama. akan tetapi, pada ibu hamil kebutuhan gizinya lebih besar. Tidak hanya kuantitasnya, namun juga kualitas dari gizi yang dikonsumsi. Untuk mendapatkannya, perlu mendapatkan pola makan yang seimbang dengan jenis makanan yang lebih beragam. (Purwita Sari, 2009).


Saat masa keahmilan, fisik dan juga psikis Ibu yang bersifat alami haruslah kuat. gizi yang cukup sangat dibutuhkan sebelum maupun sesudah masa kehamilan. Agar proses kehamilan berjalan lancar, kondisi gizi ibu hamil pada saat konsepsi haruslah dalam kondisisehat dan memiliki kecukupan gizi sebelum maupun sesudah hamil, agar kehamilan berjalan dengan baik, kondisi gizi ibu pada saat konsepsi haruslah dalam keadaan baik dan selama hamil harus memperoleh tambahan energi serta gizi seimbang demi pertumbuhan dan perkembangan janin dengan tetap mempertahankan zat gizi ibu hamil .seperti tambahan  protein minimal berupa zat besi, kalsium, asam folat, energi, dan vitamin. (Ramayulis, 2009).

Ibu membutuhkan gizi, bila ibu mengalami kurang gizi, akan dpaat menimbulkan masalah baik terhadap ibu ataaupun janin yang ada dalam kandungan. serta kurang gizi bisa mempengaruhi pertumbuhaan serta bisa menyebabkan keguguran, abortus, cacat bawaan atu berat janin bayi rendah. Maka dari itu, gizi dan pengawasan berat badan (BB) selama hamil haruslah diperhatikan. (Zulhaida. Com, 2005).

Selama hamil, calon ibu membutuhkan lebih banyak gizi dibandingkan wanita yang tidak hamil, karena makanan ibu hamil diperluka untuk dirinya dan bayi yang di kandungnya, jika makan ibu kurang, janin akan tetap menyerap persediaan makanan ibu. sehingga, ibu hamil akan menjadi kurus, lemah, pucat, gigi rusak, rambut rontok dan lainnya. Begitu pula, jika makanan ibu kurang, pertumbuhan dan perkemnbangan janin akan terganggu, terlebih jika kondisi gizi ibu hamil pada masa sebelum hamil telah buruk juga. Kondisi ini bisa mengakibatkan abrotus, BBLR, bayi baru lahir mengalami prematur dan bahkan bayi baru lahir mengalami kematian. Sebaliknya, bila makanan berlebihan akan mengakibatkan kenaikan berat badan yang berlebih, bayi besar, dan bisa pula menyebabkan terjadinya preeklamas. PUSAT GROSIR DISTRIBUTOR KULAKAN
100out of 100 based on 99998 ratings. 1 user reviews.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Gizi Ibu Hamil / Makanan Ibu Hamil / Nutrisi Kehamilan dengan judul Makalah Gizi Ibu Hamil. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://ibuhamilbayisehat.blogspot.com/2013/06/makalah-gizi-ibu-hamil.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Anonim - Senin, 17 Juni 2013

Belum ada komentar untuk "Makalah Gizi Ibu Hamil"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Entri Populer

Artikel Ibu Hamil