Daftar Blog Saya

Diberdayakan oleh Blogger.

Ciri Ibu Hamil

Ciri Ibu Hamil - Tanda-tanda kehamilan adalah sesuatau yang paling dinantikan oleh seorang wanita yang menginginka mempunyai seorang buah hati dambaan keluaga. Dengan terjadinya kehamilan, maka menandakan kalau pasangan suami istri mempunyai tingkat kesuburan yang baik. Namun terkadang pasangan suami istri belum tahu dengan betul tentang tanda-tanda kehamilan. Mereka terkadang masih bingung untuk membedakan mana tanda kehamilan sebenarnya dengan  tanda akan datangnya menstruasi, dikarenakan banyak kasus terjadi kalau tanda-tanda kehamilan mirip dengan tanda-tanda datangnya menstruasi. Ketidaktahuan tenyang hal ini menyebabkan sejumlah kasus terjadinya keguguran (miscarriage). Hal tersebut disebabkan karena masih dilakukannya aktivitas atau konsumsi makanan yang harusnya tak boleh dilakukan selama masa kehamilan, padahal sebenarnya ia telah hamil. Dengan ketidaktahuan terhadap tanda-tanda kehamilan juga menyebabkan persiapan yang matang menyongsong kehamilan jadi terabaikan.


Banyak wanita menilai kalau tanda-tanda kehamilan hanyalah melihat dari satu sisi saja, yakni terlambat datangnya haid. Memang benar, salah satu tanda kehamilan adalah terlambatnya haid. Namun, terlambat haid bukan hanya dikarenakan oleh kehamilan saja, banyak yang dapat mempengaruhinya, seperti pola makan, kecapaian, stress, serta adanya gangguan hormonal. Nah, Berikut adalah beberapa tanda atau ciri Ibu hamil.
1.Perubahan Pada Payudara
Bila terjadi kehamilan, maka payudara akan jadi membesar, hal ini dikarenakan meningkatnya produksi hormon esterogen serta progesteron. Selain itu keadaan payudara juga akan terasa semakin lembut, hal ini menyebabkan rasa sensitif yang lebih tinggi, sehingga payudara akan terasa sakit atau nyeri ketika dipegang. Puting susu juga membesar dan warnanya akan makin gelap, terkadang juga terasa gatal. Pembuluh vena payudara juga akan terlihat ksrena penegangan payudara.
2. Munculnya bercak darah / flek yang diikuti dengan kram perut
Bercak darah muncul sebelum haid yang akan datang, biasanya terjadi diantara 8 hingga 10 hari sesudah terjadinya ovulasi. Bercak darah ini dikarenakan implantasi (implantation bleeding) atau menempelnya embrio di dinding rahim. Munculnya bercak darah di saat kehamilan terkadang disalah artikan dengan menstruasi.
3. Mual dan muntah (Morning sicknes)
Sekitar 50 persen wanita yang hamil akan mempunyai tanda-tanda ini. Pemicunya yakni peningkatan hormon dengan tiba-tiba dalam aliran darah. Hormon tersebut ialah HCG (Human chorionic Gonadotrophin). Selain di dalam darah, peningkatan hormon terjadi pula pada saluran air kencing. Karena itulah, alat test pack kehamilan dilakukan dengan media air seni, hal ini dilakukan demi mengukur terjadinya peningkatan pada kadar hormon HCG tersebut.
4. Sering kencing (Frequent Urination)Sesdah haid terlambat selama 1 hingga 2 minggu, keinginan untuk kencing jadi lebih sering dari biasanya. Hal ini disebabkan karena janin yang tumbuh pada rahim menekan kandung kemih dan berakibat adanya peningkatan sirkulasi dalam darah. Selain itu, kandung kemih akan lebih cepat dipenuhi urine sehinga keinginan untuk buang air kecil jadi lebih sering. Peningkatan pada aasa kencing juga dapat disebabkan karena adanya peningkatan hormon kehamilan.
5. Pusing dan sakit kepala (Headaches)
Gangguan sakit kepala yang seringkali dirasakan ibu hamil disebabkan oleh faktor fisik, mual, lapar, rasa lelah dan tekanan darah rendah. Sementara penyebab emosional yakni adanya perasaan tegang serta depresi. Selain itu peningkatan pasokan darah pada seluruh tubuh juga dapat menyebabkan pusing ketika ibu berubah posisi.
6. Rasa lelah dan mengantuk yang berlebih (Fatigue)
Rasa lelah serta mengantuk pada ibu hamil selain dikarenakan perubahan hormonal, juga diakibatkan oleh kinerja dari sejumlah organ vital seperti jantung, ginjal dan paru-paru, makin bertambah.
7. Sembelit
Sembelit terjadi karena adanya peningkatan hormon progesterone. Selain mengendurkan otot-otot rahim, hormo ini juga berdampak terhadap mengendurnya otot dinding usus yang menyebabkan sembelit.
8. Sering meludah (hipersalivasi)
Tanda kehamilan ini karena adanya perubahan hormon estrogen, biasanya terjadi saat kehamilan trimester pertama dan biasanya akan menghilang sesudah kehamilan memasuki trimester kedua
9. Temperatur basal tubuh naik
Bila terjadi kehamilan ataupun ovulasi, maka suhu basal tubuh ibu hamil jadi meningkat. Keadaan ini akan bertahan selama terjadinya masa kehamilan. Keadaan ini tidak akan turun ke kondisi sebelum ovulasi.

Tanda-tanda kehamilan di atas bersifat pribadi, tak semua wanita pada awal kehamilan mutlak mempunyai tanda-tanda tersebut, artinya berlakunya tanda kehamilan tersebut ada yang memang selurunya mengalaminya, bervariasi, namun ada juga yang tak memiliki keluhan apapun. Demi lebih memastikan, tentu harus dilakukan test kehamilan (pregnancy test ), baik di rumah memakai test pack ataupun di laboratorium dengan melakukan tes terhadap darah. PUSAT GROSIR DISTRIBUTOR KULAKAN
100out of 100 based on 99998 ratings. 1 user reviews.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Ibu Hamil / Kesehatan Ibu Hamil / Tips Kehamilan dengan judul Ciri Ibu Hamil. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://ibuhamilbayisehat.blogspot.com/2013/08/ciri-ibu-hamil.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Anonim - Senin, 12 Agustus 2013

Belum ada komentar untuk "Ciri Ibu Hamil"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Entri Populer

Artikel Ibu Hamil