Daftar Blog Saya

Diberdayakan oleh Blogger.

Perkembangan Bayi


Perkembangan Bayi - Dalam tahap perkembangan bayi, bayi akan belajar dari kebiasaan yang dibentuk oleh orang tuanya tiap harinya. Kegiatan-kegiatan seperti makan, tidur, haruslah dijadikan rutinitas untuk bayi sebab hal ini bisa membuat bayi Ibu jadi merasa lebih aman dan nyaman dalam fase perkembangannya. Nah, berikut adalah 4 kegiatan yang perlu untuk dijadikan sebagai rutinitas bagi bayi dalam mendukung tumbuh dan kembang bayi tetap sehat:
1. Makan
Penting bagi tiap orang tua untuk menjadikan waktu makan bayi sebagai sebuah rutinitas, sebab hal ini bisa mengajarkan bayi mengenai bagaimanakah dirinya makan pada jam-jam tertentu ketika merasa lapar. Menjaga akan rutinitas menyusui pun baik untuk menjaga supaya produksi ASI Ibu lebih lancar. Rutinitas makan ini juga akan bermanfaat supaya bayi terbiasa akan jadwal makannya serta tak merasa lapar tiap saat. Janganlah menyuapi bayi sembari nonton TV atau melakukan kegiatan lain, sebaliknya, perbanyaklah kontak mata Ibu dengan bayi supaya dirinya merasa tenang dan nyaman. Pengertian rutin di sini bukan sama seperti jadwal yang harus on time, sehingga Anda tak harus memberi makanan pada bayi tepat pada jamnya. Coba untuk lebih fleksibel pada jam makan bayi, namun tetap usahakan supaya tetap teratur tiap harinya.
2. Bermain
Bermain merupakan aktifitas yang sangat penting untuk bayi dalam proses perkembangan daya pikir otaknya. Saat sedang bermain menggunakan mainan tertentu, Ia akan belajar untuk menyelidiki sesuatu dengan jari-jarinya. Bayi akan lebih mudah belajar bila bermain sudah jadi rutinitas yang akrab untuknya. Bayi yang mempunyai rutinitas bermain akan tumbuh jadi anak yang aktif dan waspada. Sesudah makan, ajak bayi Ibu bermain, seperti dengan cara memberi mainan yang dapat disentuhnya, membacakannya cerita, atau goyangkan tangan bayi seperti mengajak menari. Bayi biasanya sangat sensitif pada warna, lampu serta suara yang membuatnya penasaran saat bermain. Janganlah terlalu lama dalam memberi waktu bermain untuk bayi, sebab Ia juga butuh istirahat. Untuk bayi yang masih berusia di bawah 2 tahun, batasilah waktu bermainnya selama 5 atau 10 menit saja tiap kali bermain.
3. Mandi
Mandi juga merupakan rutinitas yang perlu untuk dikenalkan sejak dini terhadap bayi. Rutinitas waktu mandi bisa menyegarkan tubuh bayi sesudah bangun pagi dan membuat lebih nyenyak saat tidur malam. Namun penting bagi orang tua untuk memastikan kalau si bayi dalam kondisi santai santai saat sedang mandi dan tak rewel. Ibu perlu waktu yang cukup banyak untuk memandikan bayi serta pastikanlah kalau Anda sedang tidak terburu-buru melakukan hal lainnya. Lepas pakaian bayi sembari mengajaknya bicara supaya bayi merasa lebih tenang saat melakukan kontak dengan air. Biasanya bayi akan menangis saat dimandikan karena terkejut karena kontak tiba-tiba dengan air. Janganlah lepaskankan pandangan Ibu pada bayi saat sedang berada dalam bak mandi untuk menghindari sejumlah kecelakaan kecil yang mungkin terjadi seperti hidung bayi kemasukan air.
4. Tidur
Menjaga rutinitas tidur bayi dengan waktu yang hampir sama tiap malam sangatlah penting. Menunda jam tidur bisa membuat bayi makin lelah, hal ini bisa membuatnya sulit untuk terlelap. Tidur yang berkualitas bisa membantunya mengoptimalkan pertumbuhan serta perkembangan. Perhatikanlah tanda-tanda saat bayi mulai ngantuk, seperti kelopak mata yang terlihat berat, menguap, menggosok matanya, serta jadi rewel atau gelisah. Satu jam atau lebih sebelum waktunya tidur, mulailah rutinitas seperti mandi, memijit bayi, atau menyiapakan lagu pengantar tidurnya. PUSAT GROSIR DISTRIBUTOR KULAKAN
100out of 100 based on 99998 ratings. 1 user reviews.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Bayi / Perawatan Bayi dengan judul Perkembangan Bayi. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://ibuhamilbayisehat.blogspot.com/2013/07/perkembangan-bayi.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Anonim - Rabu, 24 Juli 2013

Belum ada komentar untuk "Perkembangan Bayi"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Entri Populer

Artikel Ibu Hamil