Daftar Blog Saya

Diberdayakan oleh Blogger.

Cara Menyusui Bayi


Cara Menyusui Bayi - Menyusui bayi adalah hal yang wajib dilakukan oleh seorang Ibu untuk memberikan asupan gizi pada bayinya, terutama, di enam bulan pertama kelahirannya. Karena, perlu diingat, bahwa Air Susu Ibiu ( ASI ) adalah makanan terbaik bayi, dan tak ada yang bisa menggantikannya. Jika tidak ada halangan, maka sebaiknya selalu susui bayi Anda. Untuk Anda yang baru punya momongan pertama kalinya, mungkin Ibu akan kesulitan atau bigung bagaimana cara Ibu menyusui bayi. Untuk Ibu yang masih bingung, bisa membaca tips cara menyusui bayi berikut ini.
  1. Cuci tangan Ibu menggunakan sabun sebelum menyusui bayi.
  2. Susui bayi Ibu sesuai keinginannya, susui saat Dia minta, dan berhenti saat di sudah tidak mau, jangan dijadwal.
  3. Bersihkanlah area puting dan aerola (bagian hitam di sekitar puting) menggunakan air hangat.
  4. Dekap bayi serta letakkan kepala bayi di lipatan lengan Anda. Pastikanlah Ibu dan bayi dalam kondisi yang nyaman. Usahakan perut bayi menempel pada badan Ibu, sementara telinga serta lengan bayi berada pada satu garis lurus.
  5. Saat mulai menyusui, pegang bagian bawah payudara Ibu dengan keempat jari dengan ibu jari letakkan di bagian atas payudara.
  6. Sentuhkanlah puting pada pipi bayi untuk merangsang supaya mulut bayi terbuka lebar. Bayi pada umumnya punya refleks menghisap yang kuat.
  7. Masukkanlah seluruh puting dan aerola Ibu ke dalam mulut si bayi.
  8. Susui bayi dari dua payudara Ibu secara bergantian tiap menyusui. Makin dikosongkan, maka produksi ASI juga akan makin banyak.
  9. Sandarkanlah bayi di pundak dan usap punggung bayi perlahan untuk membantunya jika ingin bersendawa.
  10. Bila sudah selesai, lepaskanlah puting susu dengan menahan hati-hati payudara. Jika diperlukan, masukkan ujung jari kelingking dengan lembut pada sudut mulut bayi untuk membuka mulut bayi.
  11. Sebaiknya Ibu memperbanyak istirahat serta usahakanlah supaya pikiran tetap tenang. Ingat, bila stres Ibu meningkat, maka produksi ASI Ibu akan jadi menurun.
  12. Bersihkanlah serta sterilisasi tempat yang akan Ibu gunakan sebagai tempat untuk menampung ASI perahan.
  13. Bila mungkin, Ibu bisa memnita bantuan sang suami untuk memberi ASI perah ini supaya sang ayah juga lebih terlibat dalam perawatan sang buah hati kalian.
Demikianlah Tips dan cara menyusui yang baik, semoga bisa bermanfaat dan membantu buat Ibu yang belum tahu cara menyusui bayi. PUSAT GROSIR DISTRIBUTOR KULAKAN
100out of 100 based on 99998 ratings. 1 user reviews.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Kebutuhan Bayi / Kesehatan Bayi / Perawatan Bayi dengan judul Cara Menyusui Bayi. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://ibuhamilbayisehat.blogspot.com/2013/07/cara-menyusui-bayi.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Anonim - Rabu, 24 Juli 2013

Belum ada komentar untuk "Cara Menyusui Bayi"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Entri Populer

Artikel Ibu Hamil