Daftar Blog Saya

Diberdayakan oleh Blogger.

Makanan Sehat Bayi

Makanan Sehat Bayi - Makanan sehat untuk bayi tentunya berbeda dengan orang dewasa. Makanan yang sehat bagi orang dewasa belum tentu cocok sebagai makanan bayi karena bayi mempunyai perut yang masih kecil serta masih belum terlalu kuat. Tiap makanan yang masuk ke perut bayi haruslah diatur dengan baik. Ada hal-hal yang perlu untuk dipertimbangkan saat Ibu menyiapkan serta mengatur makanan sehat bayi, seperti usia bayi, cara dalam mengolah makanan, serta kandungan gizi makanan. Tiap tahapan usia bayi mempunyai jenis makanan yang berbeda. Di usia 0-6 bulan, bayi hanya dibolehkan mengkonsumsi makanan cair saja, yakni Air Susu Ibu (ASI). Kemudian, ketika menginjak usia 6-12 bulan, bayi sudah boleh diberikan makanan lembut serta semi-padat, misalkan bubur atau pisang. Setelah mencapai usia setahun, Ibu sudah leluasa dalam memberi variasi makanan sehat pada bayi, misalkan potongan buah atau sayur. Namun yang harus diingat, adalah untuk selalu memperhatikan higienitas dari makanan yang Ibu berikan.

Akan lebih baik bila Ibu memasak sendiri masakan sehat yang disajikan untuk si kecil. Bahan-bahan makanan bayi sehat biasanya terdiri atas beras, daging, sayuran, ayam dan ikan. Untuk ikan, pilihlah yang masih segar serta berwarna merah. Dan untuk sayur, pilihlah pula yang masih segar serta berwarna cerah. Masaklah menggunakan cara serta rasa terbaik supaya si kecil menyukainya. Ketika memasak, pastikanlah makanan matang secara sempurna supaya segala kuman serta bakteridapat mati. Akan tetapi, jangan juga memakai api terlalu besar serta terlalu lama, sebab makanan dapat jadi lembek serta nutrisinya jadi hilang. Terpenting dalam menyiapkan serta mengatur makanan sehat bayi adalah janganlah pernah menambah bumbu penyedap, namun makanan bayi juga harus tetap memiliki cita rasa yang disukai bayi.  Bahan ini dapat menimbulkan kerusakan pada fungsi otak. Sesudah matang, biarkanlah panas makanan hilang dulu, selanjutnya cicipilah lebih dulu. Pastikanlah makanan tersebut akan nyaman ditelan oleh si kecil. Sementara bila Anda memilih menggunakan makanan bayi instan, periksa selalu kemasan serta tanggal kadaluarsanya. Janganlah memilih produk berkemasan rusak atau mendekati tanggal kadaluarsanya. Bila Ibu ingin menyimpan makanan bayi yang telah dimasak untuk diberikan padanya lagi nanti, simpanlah pada tempat yang bersih serta jauh dari bau yang menyengat.

Ada baiknya Ibu juga mempelajari kandungan gizi makanan serta kaitannya dalam menyiapkan serta mengatur makanan sehat bayi. Misakan dengan dengan cari tahu kandungan gizi dari makanan instan bayi yang Ibu sajikan. Ibu dapat membaca label daftar gizi (biasanya ada pada bagian belakang produk). Hindarilah memilih makanan bayi dengan banyak kandungan perasa buatan. Sementara untuk bahan makanan yang alami, kandungan gizinya dapat diketahui dengan cara memahami bagaimana prinsiap piramida makanan bayi. Piramida makanan bayi ini biasanya dapat ditemukan pada buku panduan kesehatan bayi. PUSAT GROSIR DISTRIBUTOR KULAKAN
100out of 100 based on 99998 ratings. 1 user reviews.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Bayi / Kebutuhan Bayi / Kesehatan Bayi dengan judul Makanan Sehat Bayi. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://ibuhamilbayisehat.blogspot.com/2013/07/makanan-sehat-bayi.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Anonim - Rabu, 31 Juli 2013

Belum ada komentar untuk "Makanan Sehat Bayi"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Entri Populer

Artikel Ibu Hamil