Daftar Blog Saya

Diberdayakan oleh Blogger.

Makanan Bayi Sehat

Makanan Bayi Sehat - Bayi membutuhkan nutrisi serta kalori tambahan sebagai pendukung bagi tumbuh dan kembangnya. Walaupun demikian, tetap saja kalori yang masuk serta kalori yang keluar haruslah seimbang. Berikut adalah tips dalam memberikan makanan bayi sehat.

  • Latihlah kepekaan rasa bayi. Bila bayi dibiasakan makan yang sehat, maka pola tersebut akan terbawa hingga kedepannya. Oleh karenanya, mulai bentuk kebiasaan ini sedari dini.
  • Sajikan hanya makanan sehat. Misalkan, perbanyak sayur serta buah, batasilah asupan gula, olah makanan dengan sehat, dan lainnya.  
  • Lupakanlah aturan habiskan makananmu. Bayi perlu belajar untuk berhenti makan saat Ia sudah kenyang. Bila bayi harus selalu menghabiskan makanannya meskipun sudah kenyang, Ibu akan malah repot untuk menyuruhnya berhenti makan nantinya. Tidak perlu menyediakan makanan yang berlebih. Kalaupun masih lapar, si kecil pasti akan minta lagi.
  • Siasatilah acara makan bersama. Daam sebuah studi, terbukti, keluarga yang selalu makan bersama, setidaknya satu kali sehari, akan mengkonsumsi makanan lebih bergizi dibanding mereka yang tak melakukannya.
  • Anak merupakan peniru ulung. Sehingga, Ibu dan suami haruslah kompak serta membuat anak selalu melihat Anda berdua saat mengonsumsi makanan yang baru serta sehat. Bila Ibu tidak suka pada makanan tertentu padahal baik bagi anak, pura-puralah menikmatinya.
  • Jadikan makanan sehat satu-satunya pilihan. Kosongkan kulkas Ibu dari makanan yang tak sehat, dan hanya sajikan makanan bergizi yang seimbang saat waktu makan bayi. Ketika lapar, mau tak mau anak akan memakan makanan yang ada.
  • Kenalkan si kecil pada makanan baru tiap minggunya. Bila awalnya anak tak mau menyentuh makanan, coba lagi, lagi, dan lagi. JIka perlu, sajikanlah makanan itu hingga 10 kali sebelum anak tergerak untuk mencicipinya. Dalam sebuah studi, dibuktikan bahwa anak akan menerima pada makanan yang mulanya ditolaknya, sesudah terekspos makanan itu hingga 10 sampai 15 kali.
  • Biarkanlah si kecil memilih. Berikanlah daftar makanan sehat terbaik baginya, biarkanlah dia memilih 2 hingga 3 jenis makanan yang paling ia sukai. Anak pastiya akan menghabiskan makanan yang ia pilih sendiri.
  • Tambahkan sesuatu. Seperti sayur, misalkan brokoli atau bayam yang mengandung suatu zat, jadi terasa pahit. Untuk menetralisir rasa pahit itu, tambahkanlah garam, gula, atau lainnya.
PUSAT GROSIR DISTRIBUTOR KULAKAN
100out of 100 based on 99998 ratings. 1 user reviews.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Bayi / Kebutuhan Bayi / Nutrisi Bayi dengan judul Makanan Bayi Sehat. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://ibuhamilbayisehat.blogspot.com/2013/07/makanan-bayi-sehat.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Anonim - Rabu, 31 Juli 2013

Belum ada komentar untuk "Makanan Bayi Sehat"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Entri Populer

Artikel Ibu Hamil