Diberdayakan oleh Blogger.

Bayi Kembar

Bayi Kembar -  Pengertian anak kembar yaitu dua atau lebih individu yang membagi uterus yang sama dan biasanya dilahikan pada hari yang sama, namun tidak selalu demikian. Pada manusia, ibu beserta kandungan yang mengandung bayi kembar akan mengalami persalinan ganda serta biasanya masa kehamilannya yang lebih singkat (sekitar 34 hingga 36 minggu) jika dibandingkan dengan kehamilan bayi biasa. Dikarenakan kelahiran prematur biasanya punya konsekuensi kesehatan pada bayi, maka proses kelahiran bayi kembar seringkali ditangani dengan khusus yang sedikit berbeda dari kelahiran bayi pada umumnya.


Jika dilihat dari asal zigot-nya, ada dua jenis persalinan kembar, yaitu fraternal (dizigotik) serta identik (monozigotik). Kembar dizigotik ialah hal yang umumnya terjadi pada vertebrata, sedangkan kembar monozigotik adalah hal yang jarang dijumpai. Manusia punya kemampuan ini. Armadillo bergaris sembilan (Dacypus novemcinctus) bila melahirkan selalu mempunyai kembar empat monozigotik. Kembar dizigotik atau fraternal (DZ) terjadi lantaran zigot yang terbentuk berasal dari sel telur berbeda. Ada lebih dari satu sel telur yang melekat di dinding rahim Ibu yang dibuahi oleh sel sperma pada waktu yang sama. Pada manusia, proses ovulasi terkadang melepa lebih dari satu sel telur matang menuju tuba fallopi yang bila terbuahi akan muncul lebih dari satu zigot. Kembar dizigotik genetik tak beda dari saudara biasa serta berkembang dalam amnion serta plasenta yang terpisah. Mereka bisa mempunyai jenis kelamin yang berbeda atau sama. Dalam kajian juga menunjukkan kalau bakat melahirkan kembar DZ diwariskan pada keturunannya atau bersifat genetik, akan tetapi hanya keturunan perempuan yang mampu menunjukkannya dikarenakan hanya perempuan yang bisa mengatur pengeluaran sel telur.

Pembuahan bayi kembar begitu menakjubkan, terutama jika tak ada riwayat anak kembar di dalam keluarga.Berikut pembuahannya.
  • Kembar monozigot, kembar identik atau mirror twins. Yaitu satu sel telur yang dibuahi oleh satu sperma. Saat proses pembelahan, bukannya menjadi 2, sel telur yang telah dibuahi membelah jadi 3 atau 5, sehingga terbentuk 2 atau lebih embrio yang tinggal pada satu kantung plasenta, akan tetapi punya kantung ketuban serta tali pusat sendiri-sendiri. Kembar monozigot biasanya memiliki jenis kelamin sama, punya wajah yang sulit dibedakan, serta mengandung materi genetik yang sama.
  • Kembar dizigot (fraternal). Yaitu dua sel telur yang dibuahi oleh dua sperma. Pada kasus ini, terdapat dua sel telur yang masak secara bersamaan, keduanya dibuahi dua sel sperma, selanjutnya masing-masing membelah, dan hidup pada dua kantung ketuban yang beda, punya plasenta serta tali pusat masing-masing. Kembar dizigot biasanya tak mempunyai wajah yang mirip, namun nampak seperti kakak adik seumuran saja, jenis kelaminnya juga mungkin sama atau beda.
100out of 100 based on 99998 ratings. 1 user reviews.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Bayi / Perawatan Bayi dengan judul Bayi Kembar . Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://ibuhamilbayisehat.blogspot.com/2013/07/bayi-kembar.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: shootx cla - Selasa, 30 Juli 2013

Belum ada komentar untuk "Bayi Kembar "

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Entri Populer

Artikel Ibu Hamil

  • Bayi Laki-laki - Bayi Laki-laki - Setiap orang tua tentu punya keninginan tersendiri soal jenis kelamin anaknya kelak. Ada yang menginginkan memiliki bayi perempuan, ada pula...
    3 bulan yang lalu