Daftar Blog Saya

Diberdayakan oleh Blogger.

Proses Bayi Kembar

Proses Bayi Kembar - Kehamilan kembar menjadi hal yang mengagugmkan, bagaimana tidak, dalam satu rahim, bisa terkandung dua atau lebih bayi. Oleh karenanya, mungkin Anda akan penasaran bagaimanakahproses bayi kembar? Nah, silahkan simak tulisan berikut ini.


Awal kelahiran seorang bayi diawali pertemuan antara sel benih jantan dengan sel benih betina. Sel benih jantan adalahsel sperma (spermatozoon) yang diproduksi dalam buah zakar (testis). Sementara sel benih betina adalah sel telur (ovum) yang diproduksi dalam indung telur (ovarium). Di tiap puncak masa subur seorang wanita, keluarlah satu atau sejumlah sel telur (ovum) menuju saluran rahim (tuba fallopii). Biasanya jumlah sel telur yang keluar di puncak masa subur ini hanyalah satu. Terkadang dapat juga keluar 2 buah sel telur ataupun lebih. Dalam saluran rahim ini sel telur menunggu beberapa waktu, biasanya 4 hingga 6 hari. Bila selama masa penungguan ini ada sel sperma yang berhasil membuahi sel telur, pada waktu itulah kehidupan calon janin dimulai. Proses akan kedatangan sperma yang bertujuan melakukan pembuahan (fertilisasi) sebenarnya sangatlah menarik serta dramatis untuk diketahui. Pada satu kali ejakulasi seorang pria yang sehat, dapat terdapat puluhan hingga ratusan juta sel sperma. Sesudah mencapai bibir rahim, semua sperma  akan berlomba atau berenang menuju ke saluran rahim (tuba fallopii) untuk dapat menemukan serta membuahi sel telur, yang pada umumnya hanya satu.

Sesudah sperma mencapai sel telur (ovum), sperma masih harus berjuang untuk bisa menembus permukaan sel telur. Setelah ada salah satu dari sperma yang berhasil menembus lapisan ovum, maka semua sisa sperma yang lain langsung jadi lemas dan mati. Jadi, Dapatkah Anda bayangkan, bagaimana bernilainya sel telur seorang wanita yang jadi rebutan puluhan maupun ratusan juta sel sperma. Bagaimana sempurnanya Sang Pencipta dalam merancang serta membangun tiap individu di muka bumi ini. Tak peduli apa ras kita, apakah warna kulit kita, apakah jenis kelamin kita, seberapakah rupawan atau jeleknya wajah kita, namun keberadaan kita semua mesti dimulai dengan proses ini yang disebut proses pembuahan (fertilisasi).


Bila proses awal tersebut menghasilkan bayi kembar dua, maka disebut gemelli, kembar disebut kembar triplet, kembar empat disebut kuadruplet, kembar lima disebut quintuplet, dan begitu seterusnya. Proses bayi kembar dibagi menjadi dua, yaitu:.
1. Kembar dizigotik / binovuler / fraternal/ heterolog
  • Berasal dari 2 sel telur yang dibuahi 2 sperma.

  • Jenis kelamin bisa saja sama, namun juga dapat berbeda.
2. Kembar monozigotik / uni-ovuler / identik / homolog
  • Berasal dari 1 sel telur yang dibuahi 1 sel sperma, selanjutnya pada perkembangannya terjadi segmentasi/pemisahan jadi dua janin.

  • Proses segmentasi/pemisahan terjadi 12 hari pertama usia janin. Bila terjadi sesudah umur janin 12 hari, maka pada biasanya menyebabkan kembar dempet atau kembar Siam.

  • Kembar monozigotik tumbuh serta berkembang jadi dua individu berjenis kelamin sama, penampilan wajah yang hampir sama atau serupa.
PUSAT GROSIR DISTRIBUTOR KULAKAN
100out of 100 based on 99998 ratings. 1 user reviews.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Bayi / Kandungan Sehat / Tips Kehamilan dengan judul Proses Bayi Kembar. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://ibuhamilbayisehat.blogspot.com/2013/07/proses-bayi-kembar.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Anonim - Selasa, 30 Juli 2013

Belum ada komentar untuk "Proses Bayi Kembar"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Entri Populer

Artikel Ibu Hamil