Daftar Blog Saya

Diberdayakan oleh Blogger.

Makanan Pendamping Bayi

Makanan Pendamping Bayi atau biasa disebut Makanan Pendamping ASI (MPASI) mulai bisa diperkenalkan pada bayi saat si kecil sudha menginjak usia enam bulan, saat itu, ibu sudah boleh mengenalkan makanan pada bayi sebagai pendamping ASI. Karena pada usia itu, saluran pencernaan serta enzim bayi sudah cukup matang. Selain itu, kemampuan motoriknya juga sudah mulai siap untuk mengonsumsi makanan. Bayi yang kepala serta duduknya sudah tegak, maka secara psikologis bayi sudah siap untuk mengonsumsi makanan selain ASI.

Makanan pendamping ASI yang perlu untuk dikenalkan pada bayi pertama kali sebaiknya yang lengkap dengan kandungan atau komposisi karbohidrat, lemak, protein serta zat besi. Adalah hal yang baik bila Anda memperkenalkan makanan bayi dalam porsi kecil lebih dulu dan sebaiknya berikan makanan bayi secara bertahap. Adapun tahapan dalam memberikan makanan pada bai sebagai pendamping ASI adalah sebagai berikut:
1. Usia enam bulan
Di usia ini, anak sudah boleh diberikan makanan yang halus, misalkan bubur susu atau pisang yang sudah dihaluskan terlebih dahulu.
2. Usia delapan bulan
Saat memasuki usia delapan bulan, Ibu sudah bisa memasukkan sayuran dan buah-buahan. Ibu juga sudah boleh untuk memberi bayi nasi yang sudah dihaluskan dan dicampur dengan beragam sumber protein serta lemak.
3. Usia sembilan bulan
Memasuki bulan kesembilan, bayi sudah bisa dirangsang supaya dapat makan sendiri dengan tekstur halus yang selanjutnya secara perlahan bisa ditingkatkan dengan yang tekstur yang kasar. Jangan memberikan buah atau sayuran sebagai makanan utama bayi. Sebab buah tidak memiliki kandungan makronutrien, yakni Karbohidrat, protein dan Lemak yang cukup bagi bayi. Proteinnya juga tidak ada. Sehingga, sebaiknya bayi diperkenalkan sayur serta buah tetapi bukan untuk makanan pendamping ASI yang utamanya, namun sebagai selingan saja.
4. Di atas satu tahun
Saat anak sudah berusia 1 tahun ke atas, anak sudah boleh diberikan makanan keluarga atau makanan padat, namun tentunya bumbu serta teksturnya tak boleh sekasar ayah ibunya. Berikanlah makanan yang banyak mengandung vitamin serta mineral.

Demikianlah makanan pendamping bayi yan sebaiknya diberikan pada anak sesuai dengan usianya. Semoga sedikit artikel ini bisa bermanfaat bagi Ibu dalam memberikan asupan nutrisi yang baik bagi si kecil. PUSAT GROSIR DISTRIBUTOR KULAKAN
100out of 100 based on 99998 ratings. 1 user reviews.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Bayi / Nutrisi Bayi / Perawatan Bayi dengan judul Makanan Pendamping Bayi. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://ibuhamilbayisehat.blogspot.com/2013/07/makanan-pendamping-bayi.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Anonim - Senin, 29 Juli 2013

Belum ada komentar untuk "Makanan Pendamping Bayi"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Entri Populer

Artikel Ibu Hamil