Daftar Blog Saya

Diberdayakan oleh Blogger.

Perubahan Pada Ibu Hamil

Perubahan Pada Ibu Hamil biasa terjadi saat masa kehamilan.Bahkan, bisa dikatakan merubah banyak aspek kehidupan dari seorang wanita. Mulai dari pola makan, aktifitas, hingga perubahan secara fisik. Berikut adalah beberapa perubahan fisik yang biasanya dialami oleh ibu hamil.


1. Perubahan Kulit
Saat masa hamil, kulit akan menjadi makin kering serta mudah meninggalkan bekas. Hal tersebut dikarenakan oleh hormon yang tidak stabil serta meningkatnya produksi hormon estrogen.
2. Perubahan tulang dan sendi
Saat sedang hamil dan semakin tua, kelengkungan tulang belakang akan makin bertambah untuk memberi keseimbangan pada ibu hamil karena perut yang semakin membesar. Hal tersebut pada akhirnya akan mengakibatkan rasa nyeri pada punggung.
3. Perubahan Ukuran abdomen
Ukuran abdomen akan makin bertambah serta menekan tulang rusuk ketika akhir trimester kedua kehamilan. Hal tersebut dikarenakan ukuran janin yang kian besar. Sehingga, ibu akan sedikit merasa sakit pada bagian samping abdomen.
4. Perubahan Sistem kardiovaskular
Pertumbuhan sistem kardiovaskular baru pada rahim akan menyebabkan detak jantung, aliran darah, dan kinerja jantung semakin meningkat. Umumnya saat trimester kedua, ibu hamil akan mengalami tekanan darah rendah.
4. Perubahan pada Payudara
Selama masa hamil, payudara akan terasa lebih lembut dikarenakan hormon estrogen dan progesteron yang semakin meningkat. Saat mendekati waktu melahirkan, ukuran payudara akan membesar untuk persiapan ibu menyusui.
6. Perubahan Sistem pernapasan
Meningkatnya volume pernapasan akan terjadi sebab permintaan tambahan dari janin dalam kandungan yang sedang tumbuh. Sehingga, ventilasi serta organ pernapasan akan merespon dengan menyaring lebih banyak udara yang masuk. Calon ibu akan lebih sering merasakan kurang udara atau terengah-engah.
7. Perubahan Sistem pencernaan
Berpindahnya organ tubuh sebab janin serta rahim yang kian membesar akan mengakibatkan rasa terbakar serta naiknya cairan asam di dalam sistem pencernaan. Progesteron akan memperlambat kerja otot organ pencernaan hingga ibu hamil mungkin akan mengalami konstipasi.
8. Perubahan Sistem endokrin
Perubahan pada sistem hormon akan kian tinggi dikarenakan janin dalam tubuh ibu memerlukan estrogen serta progesteron untuk merawatnya. Sebab hal ini metabolisme di dalam tubuh wanita akan semakin meningkat sehingga wanita akan merasakan perasaan seperti 'terbakar'. Meningkatnya aktivitas terjadi ula pada hormon oxitocyn serta prolactin yang diperlukan untuk melahirkan serta menghasilkan air susu.
9. Perubahan Sistem pengeluaran
Rahim yang kian membesar akan menekan kandung kemih, uretra, serta panggul. Hal ini mengakibatkan ibu lebih sering buang air kecil. Dan ginjal kinerjanya lebih keras untuk mengeluarkan limbah yang dihasilkan oleh ibu serta janin di dalam tubuh.
10. Perubahan umum lain
Biasanya  ibu hamil juga akan mengalami peningkatan pertumbuhan rambut, kuku serta tekstur kulit. Selai itu, sering juga Kram kaki juga yang disebabkan pembuluh darah yang tetekan, berat badan yang bertambah dan hormon yang tidak seimbang. Metabolisme yang tinggi juga dapat mengakibatkan meningkatnya suhu tubuh pada ibu hamil kehamil.

Saat mengalami perubahan seperti di atas, ibu hamil tidak perlu khawatir, sebab perubahan tersebut merupakan hal yang normal. Walau begitu, sebaiknya ibu hamil rutin memeriksakan diri ke dokter untuk melihat kesehatan ibu dan perkembangan janin.
PUSAT GROSIR DISTRIBUTOR KULAKAN
100out of 100 based on 99998 ratings. 1 user reviews.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Ilmu Kehamilan / Kesehatan Ibu Hamil / Tips Kehamilan dengan judul Perubahan Pada Ibu Hamil. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://ibuhamilbayisehat.blogspot.com/2013/06/perubahan-pada-ibu-hamil.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Anonim - Selasa, 25 Juni 2013

Belum ada komentar untuk "Perubahan Pada Ibu Hamil"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Entri Populer

Artikel Ibu Hamil