Daftar Blog Saya

Diberdayakan oleh Blogger.

Asuhan Kebidanan Pada Ibu Hamil


BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
Mual (nausea) serta muntah (emesis gravidarum) merupakan gejala yang normal dan seringkali terjadi saat masa kehamilan trimester I. Mual biasanya akan terjadi pada pagi hari, akan tetapi bisa pula terjadi setiap saat atau malam hari. Gejala-gejala tersebut terjadi lebih kurang 6 minggu sesudah hari pertama haid terakhir serta berlangsung selama lebih kurang selama 10 minggu. Mual serta muntah terjadi saat 60-80% primi gravida dan 40-60% multi gravida. Salah satu diantara seribu kehamilan, gejala-gejala tersebut menjadi lebih berat. rasa mual ini disebabkan oleh karena kadar hormon estrogen dan HCG (Human Chorionic Gonadrotropin) yang mengalami peningkatan dalam serum. Pengaruh Fisiologik kenaikan hormon ini belum jelas, mungkin dikarenakan sistem saraf pusat atau mungkin karena pengosongan lambung yang berkurang. Biasanya, wanita bisa menyesuaikan dengan kondisi ini, meski demikian gejala mual serta muntah yang berat bisa berlangsung hingga empat bulan. Pekerjaan sehari-hari tentu akan jadi terganggu serta keadaan umum menjadi buruk. Kondisi inilah yang disebut hiperemesis gravidarum. Keluhan gejala serta perubahan fisiologis menentukan berat ringannya penyakit. (Prawirohardjo, 2002).
 
Mual serta muntah adalah gangguan yang seringkali kita jumpai pada kehamilan muda serta dikemukakan oleh 50 hingga 70 persen wanita hamil ketika 16 minggu pertama kehamilan. Kurang lebih sekitar 66 persen wanita hamil pada trimester pertama mengalami mual dan 44 persen mengalami muntah. Ibu hamil memuntahkan semua yang dimakan serta diminum sehingga berat badannya akan turun, turgor kulit berkurang, diuresis berkurang serta timbul asetonuri, kondisi seperti ini disebut hiperemesis gravidarum serta membutuhkan perawatan di rumah sakit. Perbandingan insidensi hiperemesis gravidarum  4 banding 1000 kehamilan. (Sastrawinata, 2004) 
 
Diperkirakan 50 persen hingga 80 persen ibu hamil mengalami mual serta muntah dan sekitar 5 persen dari ibu hamil memerlukan penanganan untuk mengganti cairan serta koreksi ketidakseimbangan elektrolit. Mual serta muntah khas kehamilan biasanya terjadi saat trimester pertama dan paling mudah dikarenakan oleh meningkatnya jumlah HCG. Mual dihubungkan pula dengan perubahan pada indra penciuman dan perasa ketika awal kehamilan. (Walsh, 2007)
PUSAT GROSIR DISTRIBUTOR KULAKAN
100out of 100 based on 99998 ratings. 1 user reviews.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Ibu Hamil / Kesehatan Ibu Hamil dengan judul Asuhan Kebidanan Pada Ibu Hamil. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://ibuhamilbayisehat.blogspot.com/2013/06/asuhan-kebidanan-pada-ibu-hamil.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Anonim - Selasa, 25 Juni 2013

Belum ada komentar untuk "Asuhan Kebidanan Pada Ibu Hamil"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Entri Populer

Artikel Ibu Hamil