Daftar Blog Saya

Diberdayakan oleh Blogger.

Penyakit Pada Ibu Hamil

Penyakit Pada Ibu Hamil seringkali mengintai. Hal itu karena, selama masa kehamilan, sistem kekebalan tubuh mengalami perubahan. Oleh karena itu, ibu harus pandai-pandai dalam menjaga kesehatan sendiri, dan juga kesehatan janin. Janin mempunyai setengah DNA dari sang ayah. Sehingga, sistem kekebalan tubuh ibu akan mendeteksi janin sebagai benda asing. Maka dari itu, saat hamil, sistem kekebalan tubuh akan berubah agar tidak menimbulkan bahaya pada janin dala kandungan. Perubahan-perubahan tersebut meliputi:


  • produksi cytokines berkurang, cytokines yakni protein yang dilepas sel imunitas untuk membuat sel lain untuk membantu melawan infeksi.
  • aktivitas sel NK (natural killer) semakin berkurang, sel darah putih yang yang menyerang sel yang telah terinfeksi virus atau bagian dari tumor.
  • produksi macrophages jadi meningkat, sel yang bertugas untuk menghancurkan bakteri, tetapi tak memberikan jaminan untuk melindungi Anda dari infeksi bakteri.
  • aktivitas sel T semakin berkurang, sel yang membantu mengendalikan infeksi virus.
Fungsi sel T, ibu hamil yang semakin menurun menjadikan ibu hamil lebih rentan terhadap resiko infeksi yang dulu saat sistem kekebalan tubuh berfungsi dengan normal, tak menyebabkan sakit. Selain itu, kekebalan ibu hamil yang menurun, akan kian rendah, dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti:
  • Aktivitas sehari-hari yang tetap tinggi.
  • Faktor cuaca yang berubah-ubah secara ekstrem, dari panas menjadi dingin.
  • Berinteraksi dengan banyak orang, terutama yang tak sehat.
  • Pola hidup tak sehat, seperti kekurangan nutrisi.
Bahayanya terhadap janin. imunitas tubuh selama masa kehamilan yang semakin menurun akan menjadikan ibu hamil lebih rentan infeksi, diantaranya infeksi saluran kemih atau penyakit, seperti batuk dan pilek. Nah yang dikhawatirkan, ketika Ibu hamil sakit, ada dua  yang dikhawatiran, yakni, apakah penyakit dapat berbahaya bagi janin, serta apakah obat yang akan diminum bisa berbahaya untuk janin. Sejumlah penyakit infeksi saat hamil memang lebih beresiko terhadap ibu, namun juga dapat membahayakan janin, seperti keguguran, kelahiran prematur, bayi lahir cacat atau meninggal dalam kandungan. PUSAT GROSIR DISTRIBUTOR KULAKAN
100out of 100 based on 99998 ratings. 1 user reviews.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Ibu Hamil / Ilmu Kehamilan / Tips Kehamilan dengan judul Penyakit Pada Ibu Hamil. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://ibuhamilbayisehat.blogspot.com/2013/06/penyakit-pada-ibu-hamil.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Anonim - Selasa, 25 Juni 2013

Belum ada komentar untuk "Penyakit Pada Ibu Hamil"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Entri Populer

Artikel Ibu Hamil