Daftar Blog Saya

Diberdayakan oleh Blogger.

Gizi Untuk Ibu Hamil

Gizi Untuk Ibu Hamil sangat diperlukan oleh ibu hamil. Terutama pada trimester pertama. Karena, pada masa ini, biasanya, janin berkembang dengan lambat. Berikut adalah gizi untuk ibu hamil yang perlu untuk Anda konsumsi.


1. Protein, karbohidrat, dan lemak
Setiap harinya, Ibu hamil membutuhkan asupan 2.485 kalori. Padahal, dalam kondisi normal, wanita dewasa hanya membutuhkan 2.200 kalori. Kalori bisa didapatkan dari lemak yang berguna untuk pertumbuha plasenta. Lemak dapat diperoeh dengan mengonsumsi susu, daging, mentega, telur, dan minyak nabati. Sedangkan protein, bermanfaat untuk perkembangan otak jani da juga pertumbuhan plasenta. kebutuhan asupan protein ibu hamil per hari adalah 60 gram. Makanan yang memliki cukup banyak protein seperti ikan laut, tuna, salmon, dan kacang-kacangan. Sementara karbohidrat, berfungsi untuk memberikan energi. Karbohidrat dapat diperoleh dengan mengonsumsi nasi dan pasta, roti, dan serealia.
2. Vitamin C dan zat besi
Zat besi dapat diperoleh dengan mengonsumsi sejumlah jenis makanan seperti daging merah, telur, hati, sayuran hijau, roti gandum, dan kacang-kacangan. Sedangkan untuk memaksimalkan penyerapan zat besi, dibutuhkan juga asupan vitamin C. Oleh karenanya, seringkali zat besi dan vitamin C diminum secara berbarengan. Sumber vitamin C antara lain sayuran hijau, tomat, kiwi, strawberry, kismis, lemon, dan eru.
3. Kalsium
Kalsium adalah salah satu mineral yang juga penting bagi Ibu hamil. Kalsium dibutuhkan oleh Ibu saat masa menyusui. Jika kurang kalsium, saat menyusui ibu bisa merasakan ngilu pada tulagnya. Makanan yang memilki cukup banyak kandungan kalsium adalah susu kedelai, jus jeruk, biji-bijian, ikan sarden, ikan salmon, yoghurt, keju, dan sayuran hijau.
4. Asam folat
zat ini sangat penting ntuk Ibu hamil, terutama saat minggu-minggu awal kwhamilan. Selama hamil, ibu membutuhkan asupan 200 mg folat per harinya. Asam folat bisa diperoleh dengan mengonsumsi kacang-kacangan, toge, sayuran hijau, roti gandum, dan sereal.
5. Vitamin D
Vitamin ini sangat penting bagi tubuh untuk membuat kalsium dan fosfor. Kedua mineral ini sangat dibutuhkan ibu hamil, terutama saat proses pembentukan tulang dan gigi.
6. Serat
Serat dibutuhan karena biasanya ibu hamil akan mengalami kesulitan buang air besar serta mengalami ambeien (haemorrhoid). Serat bisa didapat pada sereal, beras merah, dan buah-buahan. PUSAT GROSIR DISTRIBUTOR KULAKAN
100out of 100 based on 99998 ratings. 1 user reviews.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Makanan Ibu Hamil / Nutrisi Kehamilan / Tips Kehamilan dengan judul Gizi Untuk Ibu Hamil. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://ibuhamilbayisehat.blogspot.com/2013/06/gizi-untuk-ibu-hamil.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Anonim - Senin, 17 Juni 2013

Belum ada komentar untuk "Gizi Untuk Ibu Hamil"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Entri Populer

Artikel Ibu Hamil