Daftar Blog Saya

Diberdayakan oleh Blogger.

Status Gizi Ibu Hamil





Status Gizi Ibu Hamil bisa dikatakan memiliki deskripsi sebagai suatu kondisi keseimbangan di dalam tubuh Ibu hamil sebagai bentuk dari akibat yang ditimbulkan konsumsi makanan serta penggunaan zat yang digunakan oleh tubuh untuk mempertahankan kelangsungan hidup serta mempertahankan fungsi-fungsi dari organ tubuh. (Supariasa, 2011).


Status Gizi Ibu Hamil sangatlah memberikan pengaruh besat terhadap pertumbuhan janin di dalam kandungan. Jika status gizi ibu hamil tidak bagus, baik itu sebelum masa kehamilan ataupun saat maa kehamilan, akan menyebabkan berat badan lebih rendah (BBLR). Selain itu, status gizi ibu hamil yang buruk akan dapat mengakibatkan lambatnya pertumbuhan otak janin, bayi baru lahir mudah terinfeksi, anemia pada bayi baru lahir, abortus, dan lainnya. Keadaan bayi yang baru lahir dari ibunya yang kekurangan gizi akan megalami kekurangan gizi dan hidup dalam keadaan linkungan yang miskin akan melahirkan generasi kurang gizi dan rentan untuk terkena infeksi penyakit. Kondisi ini umumnya ditandai dengan berat serta tinggi badan yan kurang optimal (Supariasa 2011).

Bedasarkan buku dari Pudjiati, (20045 dalam buku Sulistyoningsih,2011), selama masa kehamilan ibu akan mengalami penambahan berat badan sekitar 10 hingga 12 kilogram. Sementara untuk ibu hamil yang memiliki tinggi bada kurang dari 150 cm cukup antara 8,8 hingga 13,6 kg. Sedangkan pada trimester 2 dan trimester 3, berat badan akan mengalami penambahan sekitar 0,34 hingga 0,5 kilogram setiap minggunya. Ibu hamil yang sebelum masa kehamilan mempunyai berat badan yang normal kemungkinan tidak akan mempunyai masalah dalam konsumsi makan setiap harinya. Akan tetapi, penambaha berat badan harus tersu dipantau supaya selama masa kehamilan, tidak mengalami kekurangan gizi ataupun malah sebaliknya justru kelebihan berat badan. Dengan begitu, Ibu bisa mencapai Ibu Hamil Sehat.





PUSAT GROSIR DISTRIBUTOR KULAKAN
100out of 100 based on 99998 ratings. 1 user reviews.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Gizi Ibu Hamil / Nutrisi Kehamilan / Tips Kehamilan dengan judul Status Gizi Ibu Hamil. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://ibuhamilbayisehat.blogspot.com/2013/06/status-gizi-ibu-hamil.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Anonim - Senin, 17 Juni 2013

Belum ada komentar untuk "Status Gizi Ibu Hamil"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Entri Populer

Artikel Ibu Hamil