Daftar Blog Saya

Diberdayakan oleh Blogger.

Gizi Ibu Hamil

Saat masa kehamilan, Gizi Ibu Hamil sangatlah penting untuk dipenuhi. Kesehatan Ibu dan janin akan sangat bergantung bagus atau tidaknya gizi dan nutrisi ibu hamil. Akan tetapi, Ibu hamil harus hati-hati dalam memilih gizi dan nutrisi yang sesuai. Seiring dengan semakin bertambahnya usia kandungan, maka kebutuhan asupan gizi ibu hamil juga semakin besar. Gizi tersebut tidak hanya dibutuhkan untuk perkembangan fisik bayi, namun juga untuk mendukung pekembangan otak bayi. Selama kehamilan, berat badan akan mengalami kenaikan. Dan berat badan yang ideal adalah sekitar 12 hingga 15 kg. Berikut adalah Gizi ibu hamil yang dibutuhkan selama kehamilan:


1. Kalori
Selama masa kehamilan, konsumsi kalori yang baik adalah 300 hingga 400 kkal per hari. Sedangkan, kalori yang baik adalah kalori yang didapatkan dari beragam sumber makanan. Komposisi yang baik adalah, 55 persen diperoleh dari nasi dan umbi-umbian yang memberikan asupan karbohidrat, 35 persen minyak nabati dan hewani, serta 10 persen persen dari protein sayur dan buah.
2. Asam Folat
Asam folat sangat dibutuhkan oleh janin dalam jumlah banyak. Asam folat dibutuhkan oleh janin sebagai pembentuk sel serta sistem syaraf. Selama 3 ulan pertama kehamilan, janin memerlukan asupan 400 mikrogram asam folat tiap harinya. Jika janin kekurangan asam flat, maka bayi akan beresiko lahir cacat. Asam folat yang bisa dperoleh dengan mengonsumsi buah-buahan, beras merah dan sayuran hijau.
3. Kalsium
Kalsium berguna untuk menumbuhkan dan mengembangkan gigi serta tulang janin. Selain itu, kalsium juga diperlukan untuk menghindarkan Ibu dari resiko osteoporosis. Hal itu karena, saat bayi kekurangan kalsium maka Ia akan mengambil kalsium dari tulang Ibunya. Kalsium dapat diperoleh pada susu dan produk olahannya.
4. Zat Besi
Zat besi dibutuhkan untuk membentuk sel darah dan mengurangi gejala anemia pada Ibu hamil. Zat besi dibutuhkan saat kehamilan menginjak usia 20 minggu. Zat besi isa diperoleh dengan mengonsumsi daging, ikan, atau hati.
5. Protein
Protein merupakan sumber kalori dan berfungsi sebagi zat pembangun. tiap harinya, Ibu hamil memerlukan asupan 60 gram protein atau 10 gram lebih banyak dari biasanya. Protein dijumpai pada daging, putih telur, kacang-kacangan, dan tahu.
6. Vitamin C
Vitamn C berguna untuk mendukung penyerapan zat besi. Disamping itu, juga baik untuk gigi dan gusi agar tetap sehat. Vitamin ini juga bermanfaat untuk melindungi jaringan dan organ tubuh dari beraagm resiko kerusakan.
7. Vitamin D
Vitamin ini bermanfaat untuk meneyerap kalsium sehingga sangat berguna dalam pembentukan dan pertumbuhan tulang pada bayi. Vitamin D bisa diperoleh dari sumber makanan seperti susu, kuning telur atau hati ikan.
PUSAT GROSIR DISTRIBUTOR KULAKAN
100out of 100 based on 99998 ratings. 1 user reviews.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Ibu Hamil / Makanan Ibu Hamil / Nutrisi Kehamilan dengan judul Gizi Ibu Hamil. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://ibuhamilbayisehat.blogspot.com/2013/06/gizi-ibu-hamil.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Anonim - Minggu, 16 Juni 2013

Belum ada komentar untuk "Gizi Ibu Hamil"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Entri Populer

Artikel Ibu Hamil