Daftar Blog Saya

Diberdayakan oleh Blogger.

Cara Melahirkan Bayi

Cara Melahirkan Bayi - Peristiwa melahirkan bayi merupakan sebuah tugas mulia dari seorang ibu. Akan tetapi tidak jarang ibu yang saat masuk ruang  bersalin jadi begitu cemas. Rasa cemas ini dapat di mengerti, terutama untuk ibu hamil yang baru pertama kali melahirkan. Penyebab kecemasan diantaranya seperti apa kuat untuk menahan sakit, apa dapat mengejan dengan baik, apa bayi yang dikandung akan cacat atau tidak dan lain-lain. Ibu hamil yang melalui  tahap persalinan namun dimulai dengan rasa cemas yang berlebihan akan  mengakibatkan otot tubuh serta seluruh saraf jadi tegang.  Ketidaksiapan mental sangatlah berpengaruh selama proses persalinan terlebih ketika mengejan. Proses persalinan sendiri sebenarnya adalah sesuatu yang alami. Tanpa banyak teori, bahkan nenek moyang kita dulu hanya mengandalkan kekuatan mengejan ketika proses melahirkan. Seiring dengan semakin berkembangnya ilmu pengetahuan dan ilmu kebidanan, sehingga para ahli meneliti bahwa ternyata ada 3 hal yang mendukung kelancaran pada proses bersalin, dan salah satunya adalah POWER. Power merupakan kekuatan ibu untuk mengejan sehingga mendukung kontraksi  rahim pada proses melahirkan bayi dari dalam rahim ibu.


Mengejan sangatlah membantu otot rahim untuk mendorong bayi ke jalan lahir. Kemampuan ibu hamil untuk mengejan dengan baik, akan menentukan kondisi bayi yang dilahirkan. Jika seluruh kondisi bayi dan jalan lahir ibu memenuhi syarat untuk dilakukan proses persalinan secara normal namun  ibu tidak mampu mengejan dengan baik, maka bayi akan lama berada pada jalan lahir (dasar panggul). Kondisi ini bisa membuat bayi dalam kandungan tak aman. Ketika lahir kondisi bayi lemah atau ma;ah dapat mengalami gangguan pernafasan, tak dapat menangis, dan bayi tampak tak bugar. Ada banyak faktor yang berpengaruh pada kemampuan ibu dalam mengejan, seperti usia yang sudah melebihi 35 tahun, kondisi kesehatan ibu yang kurang baik, seperti kurang gizi selama hamil, ibu hamil yang sering melahirkan dengan jarak terlampau dekat, rasa ketakutan serta trauma  mental ketika proses peralinan yang lalu, hingga pada ketika mengejan tiba-tiba ibu panik, ibu yang merasa kelelahan selama melalui tahapan  proses persalinan dan lain-lain.

Seringkali, Ibu hamil yang bersalin tak sabar, ingin dengan segera mengakhiri proses melahirkan bayi dengan cara mengejan sekuatnya.Padahal hal tersebut justru tak baik. Selain akan menyebabkan Ibu kelelahan, juga dapat membuat jalan lahir jadi bengkak. Mengejan baiknya dimulai saat proses pembukaan jalan lahir telah cukup lebar untuk dilalui bayi. Hal tersebut dipastikan oleh dokter kandungan ataupun bidan dengan cara melakukan pemeriksaan di dalam. Untuk bisa memenuhi syarat dapat dilalui bayi, pembukaan jalan lahir adalah 10 cm. Sehingga, bila belum ada bimbingan atau instruksi untuk mengejan dari bidan maupun dokter, maka sebaiknya ibu tak mengejan dulu PUSAT GROSIR DISTRIBUTOR KULAKAN
100out of 100 based on 99998 ratings. 1 user reviews.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Ibu Hamil / Persalinan / Tips Kehamilan dengan judul Cara Melahirkan Bayi. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://ibuhamilbayisehat.blogspot.com/2013/08/cara-melahirkan-bayi.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Anonim - Selasa, 06 Agustus 2013

Belum ada komentar untuk "Cara Melahirkan Bayi"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Entri Populer

Artikel Ibu Hamil