Daftar Blog Saya

Diberdayakan oleh Blogger.

Tips Merawat Bayi

Tips Merawat Bayi - Ibu mana sih yang tidak senang saat Bayinya lahir, tentu semua Ibu akan menyambut kehadiran sang buah hati dengan suka cita. Namun dibalik kegembiran itu, mungkin Ibu masih bingung atau takut dalam merawat bayinya yang memang masih sangat lemah dan sensitif, apalagi buat Ibu yang baru pertama kali punya momongan. Nah, untuk itu, sebaiknya Bunda baca dulu Tips merawat bayi berikut ini.

1. Tips memandikan bayi 
Bayi haruslah dimandikan tiap hari agar kulit dan tubuhnya tetap bersih. Serta juga supaya bayi terhindar dari serangan infeksi bakteri maupun jamur yang bisa menyebabkan iritasi pada kulit.
Hal yang perlu diperhatikan saat memandikan bayi adalah :
1. Siapkanlah perlatan sebelum mandi seperti sabun, sampo,dll dan peralatan setelah mandi seperti pakaian, handuk bedak,dll untuk bayi.
2. Suhu air hangat yang digunakan untuk mandi bayi sebaiknya kurang lebih 29.5 C, dengan ketinggian air sekitar 5-8 cm
3. Sebaiknya, mandikan bayi dalam ruangan yang tak terlalu dingin dan tak berangin.
4. Jangan pernah tinggalkan bayi sendirian dalam bak mandinya, meskipun cuma sebentar
5. Sediakanlah mainan misal bebek-bebekan plastik supaya bayi merasa senang. Pastikan mainan yang Bunda berikan tidak berbahaya bagi si kecil
6. Setelah mandi, gunakan handuk lembut untuk mengusap tubuh serta rambut bayi sampai benar-benar kering. Lakukanlah pengeringan dengan pelan-pelan.
7. Berikan minyak telon ke tubuh bayi supaya Ia merasa hangat serta nyaman. 
2. Tips Merawat tali pusar bayi
Pertama, lepaskanlah perban yang membungkus tali pusar, kemudain bersihkanlah sekeliling pangkal tali pusar menggunakan cotton bud yang telah dicelupkan pada larutan alkohol 70% lebih dulu. Sesudah bersih, lilitkan kembali tali pusarnya dengan kasa steril yang juga telah dicelupi larutan alkohol 70%. 
3. Tips Membersihkan mata bayi
Bersihkanlah mata bayi menggunakan kapas gulung yang telah dicelupkan pada air hangat. Gerakkanlah kapas dari arah dalam ke arah luar. Gunakanlah kapas yang beda pada tiap mata bayi. 
4. Tips Membersihkan telinga bayi
Basahi lebih dulu cotton bud dengan baby oil. Kemudian usapkan di daun telinga bagian depan serta belakang. Kemudian keringkan dengan lembut.
 
5. Tips Membersihkan gigi dan gusi bayi
Gunakanlah kain atau bisa juga kasa steril basah untuk membersihkan gigi dan gusinya tiap hari, walaupun bayi masih belum mempunyai gigi.
6. Tips Membersihkan hidung bayi
Celupkanlah cotton bud dalam air hangat. Putarlah dengan lembut hidung bayi, namun jangan terlalu masuk ke dalam lubang hidung.
7. Tips Membersihkan alat kelamin bayi
  • Bayi laki-laki: bersihkanlah alat kelamin dan area sekitarnya menggunakan kapas basah hingga bagian anus. Bersihkanlah mulai dari bawah sampai atas alat kelamin dengan menariknya secara perlahan. Lakukan dengan satu arah.
  • Bayi perempuan: bersihkanlah area lipatan di sekitar alat kelaminnya dan pangkal paha menggunakan kapas basah. Lakukanlah dari area itu hingga ke arah anus.
PUSAT GROSIR DISTRIBUTOR KULAKAN
100out of 100 based on 99998 ratings. 1 user reviews.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Bayi / Perawatan Bayi dengan judul Tips Merawat Bayi. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://ibuhamilbayisehat.blogspot.com/2013/07/tips-merawat-bayi.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Anonim - Sabtu, 27 Juli 2013

Belum ada komentar untuk "Tips Merawat Bayi"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Entri Populer

Artikel Ibu Hamil