Diberdayakan oleh Blogger.

Pengertian Pelayanan Kesehatan

Pengertian Pelayanan Kesehatan yaitu sebuah konsep yang diusung dalam memberi layanan kesehatan pada masyarakat. pengertian pelayanan kesehatan menurut Prof. Dr. Soekidjo Notoatmojo ialah sebuah sub sistem pelayanan kesehatan yang memiliki tujuan utama terhadap pelayanan preventif (pencegahan) serta promotif  (peningkatan kesehatan) dengan sasaran masyarakat.

Sementara menurut Levey dan Loomba (1973), Pelayanan Kesehatan merupakan upaya yang dilaksanakan sendiri atau secara bersama dalam sebuah organisasi demi memelihara serta meningkatkan kesehatan, mencegah, dan juga menyembuhkan penyakit dan memulihkan kesehatan perorangan, keluarga, kelompok, ataupun masyarakat secara umum. Menurut Depkes RI (2009), pengertian pelayanan kesehatan adalah tiap upaya yang diselenggarakan tersendiri atau secara bersama dalam sebuah organisasi untuk memelihara serta meningkatkan kesehatan, mencegah serta menyembuhkan penyakit serta memulihkan kesehatan perorangan, keluarga, kelompok maupun masyarakat.

dengan batasan tersebut di atas, bisa dipahami bahwasanya bentuk serta jenis pelayanan kesehatan yang ditemukan adalah banyak macamnya. sebab semuanya ditentukan oleh:
  1. Pengorganisasian pelayanan, apa diselenggarakan secara sendiri atau secara bersama dalam sebuah organisasi.
  2. Ruang lingkup kegiatan, apa hanya mencakup kegiatan pencegahan penyakit, penyembuhan penyakit, pemeliharaan kesehatan, pemulihan kesehatan ataukah kombinasinya.
Berdasarkan pendapat Casio dan Hodgetts, jenis pelayanan kesehatan umumnya bisa dibagi atas dua hal, yaitu:
  1. Pelayanan kedokteran, yakni Pelayanan kesehatan yang termasuk ke dalam kelompok pelayanan kedokteran (medical services) yang ditandai dengan tata cara pengorganisasian yang bisa bersifat sendiri (solo practice) ataupun secara bersama dalam sebuah organisasi. Tujuan utamanya yaitu untuk menyembuhkan penyakit serta memulihkan kesehatan, dan memiliki sasaran utama untuk perorangan ataupun keluarga.
  2. Pelayanan kesehatan masyarakat, yakni Pelayanan kesehatan yang tergolong dalam kelompok kesehatan masyarakat (public health service) yang ditandai dengan cara pengorganisasian yang secara umum dilakukan secara bersama dalam sebuah organisasi. Memiliki tujuan utama untuk memelihara serta meningkatkan kesehatan dan mencegah timbulnya penyakit, adapun sasarannya adalah untuk kelompok maupun masyarakat. 
Syarat pokok pelayanan kesehatan:
  1. Tersedia dan berkesinambungan
  2. Dapat diterima dan wajar
  3. Mudah dicapai 
  4. Mudah dijangkau
  5. Bermutu
100out of 100 based on 99998 ratings. 1 user reviews.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Ilmu Kesehatan / Kesehatan Masyarakat dengan judul Pengertian Pelayanan Kesehatan. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://ibuhamilbayisehat.blogspot.com/2013/07/pengertian-pelayanan-kesehatan.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Unknown - Senin, 15 Juli 2013

Belum ada komentar untuk "Pengertian Pelayanan Kesehatan"

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Entri Populer

Artikel Ibu Hamil

  • Bayi Laki-laki - Bayi Laki-laki - Setiap orang tua tentu punya keninginan tersendiri soal jenis kelamin anaknya kelak. Ada yang menginginkan memiliki bayi perempuan, ada pula...
    6 bulan yang lalu