Daftar Blog Saya

Diberdayakan oleh Blogger.

Pelayanan Kesehatan Masyarakat

Pelayanan Kesehatan Masyarakat merupakan upaya, pekerjaan, kegiatan kesehatan yang ditujukan demi untuk tercapainya derajat kesehatan, baik secara individu maupun masyarakat yang optimal/ setinggi-tingginya. Pada prinsipnya, Pelayanan kesehatan masyarakat mengutamakan pelayanan kesehatan promotif serta preventif. Pelayanan promotif yakni upaya dalam meningkatkan kesehatan masyarakat menuju arah yang lebih baik lagi dan yang preventif mencegah supaya masyarakat tak jatuh sakit dan supaya terhindar dari penyakit.

Oleh karena itu,  pelayanan kesehatan masyarakat itu tak hanya tertuju pada pengobatan individu yang sedang sakit saja, namun yang terpenting ialah upaya-upaya pencegahan (preventif) serta peningkatan kesehatan (promotif). Sehingga, bentuk pelayanan kesehatan bukan hanya puskesmas atau balkesma saja, namun juga dalam bentuk-bentuk kegiatan lainnya, baik yang langsung kepada peningkatan kesehatan serta pencegahan penyakit, ataupun yang secara tak langsung berpengaruh pada peningkatan kesehatan. Bentuk-bentuk pelayanan kesehatan Masyarakat tersebut diantaranya adalah seperti Posyandu dana sehat, pos obat desa (POD), pengembangan masyarakat, Polindes,  atau community development, perbaikan sanitasi lingkungan, upaya meningkatkan pendapatan (income generating) dan lain-lain.

Sistem pelayanan kesehatan adalah jaringan pelayanan komprehensif, interdisipliner, dan kompleks, terdiri atas aktivitas diagnosis, treatment, rehabilitasi, pemeliharaan kesehatan serta pencegahan untuk masyarakat di seluruh kelompok usia serta dalam berbagai keadaan. Beragam sistem pelayanan kesehatan masyarakat seperti pelayanan kesehatan masyarakat, rumah sakit, klinik medikal, organisasi pemeliharaan kesehatan, lembaga kesehatan rumah, perawatan dalam rumah, klinik kesehatan mental, serta pelayanan rehabilitasi. Pekerja sosial bekerja dalam bermacam sistem pelayanan kesehatan. Pelayanan kesehatan masyarakat tak hanya tertuju pada pengobatan individu yang sedang sakit saja, namun yang paling penting adalah adanya upaya pencegahan (preventif) serta peningkatan kesehatan (promotif). Dengan begitu, bentuk pelayanan kesehatan masyarakat tidak hanya puskesmas atau balkesma saja, namun juga bentuk-bentuk kegiatan lainnya, baik yang langsung pada peningkatan kesehatan seta pencegahan penyakit, atau yang secara tak langsung berpengaruh pada peningkatan kesehatan masyarakat. PUSAT GROSIR DISTRIBUTOR KULAKAN
100out of 100 based on 99998 ratings. 1 user reviews.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Ilmu Kesehatan / Kesehatan Masyarakat dengan judul Pelayanan Kesehatan Masyarakat. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://ibuhamilbayisehat.blogspot.com/2013/07/pelayanan-kesehatan-masyarakat.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Anonim - Senin, 15 Juli 2013

Belum ada komentar untuk "Pelayanan Kesehatan Masyarakat"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Entri Populer

Artikel Ibu Hamil