Daftar Blog Saya

Diberdayakan oleh Blogger.

Menyusui Bayi




Menyusui Bayi adalah hal wajib bagi seorang Ibu. Untuk melakukannya, sebenarnya Anda tidak perlu melakukan latihan. karena menyusui bayi adalah hal alami yang terjadi pada setiap Ibu. Untuk Ibu yang baru pertama kali mempunyai bayi, mungkin akan sedikit bingung dalam cara menyusui bayi. Nah, Ibu bisa mencontoh beberapa posisi menyusui bayi yang bisa Ibu coba terapkan.

1. Posisi model klasik.
Posisi ini memungkinkan Ibu untuk menyangga kepala bayi dengan lengan. Caranya adalah dengan duduk di sebuah kursi yang ada pinggirannya sebagai penyangga lengan. Tidak hanya duduk di kursi, Ibu juga dapat sambil tiduran dengan memakai banyak bantal penyangga. Istirahatkanlah kaki Ibu di atas sebuah alat bantu pijakan kaki atau bisa juga  kaki meja supaya Ibu bisa menyusui bayi dengan benar. Peganglah bayi di pangkuan atau di atas bantal yang rada di pangkuan, jadi bayi Ibu akan dapat berbaring di salah satu sisinya dengan wajah, perut serta lutut menghadap Ibu secara langsung. Letakkanlah lengan bawah bayi pada bawah lengan Ibu.
2. Posisi menyilang
Bila Ibu menyusui bayi dengan payudara kanan maka Ibu akan menggunakan tangan serta bahu kiri  untuk menyangga bayi. Putar tubuh si kecil supaya perutnya menempel pada tubuh Ibu. Letakkanlah jari-jari Ibu dibagian belakang kepala dan dibawah telinga bayi, sehingga dapat memungkinkan untuk mulut bayi mendekat pada payudara Ibu.  Posisi ini merupakan posisi menyusui bayi yang baik untuk bayi yang baru lahir serta masih berusia dini dikarenakan masih kesulitan untuk melakukan pelekatan.
3. Posisi seperti membawa tas tangan.
Pada posisi menyusui bayi yang ini, akan memungkinkan Ibu untuk memegang bayi menggunakan lengan pada sisi payudara dimana Ibu akan menyusui. Pertama, posisikanlah bayi pada sisi Ibu dan mengangkat Bayi di lengan. Bayi seharusnya akan menghadap pada Ibu dengan hidung sejajar pada puting Ibu. Istirahatkanlah lengan di sebuah bantal pada pangkuan Ibu atau pada sebelah kanan Ibu. Sanggalah leher, bahu, dan kepala bayi menggunakan tangan. Posisi ini merupakan metode menyusui bayi yang baik. Ketika mendekatkan bayi, usahakanlah untuk mendekatkan dagu bayi lebih dulu supaya dapat mendekati puting.
4. Posisi dengan berbaring
Supaya dapat menyusui dengan berbaring miring, maka Ibu perlu untuk menempatkan beberapa bantal pada belakang punggung Ibu untuk penyangga. Ibu juga dapat menempatkan sebuah bantal di bawah kepala serta bahu dan satu lagi untuk diletakkan di antara lekukan lutut. Adapun tujuannya adalah untuk menjaga Ibu supaya tetap bisa menyusui bayi yang benar tanpa mesti sakit punggung dan pinggul tetap dalam kondisi lurus. Dengan posisi bayi yang menghadap ke arah Ibu, maka akan lebih dekat lagi bayi dan juga sangga kepala bayi Anda dengan lengan bagian bawah Ibu. Bila bayi memerlukan level yang lebih tinggi serta dekat dengan payudara, maka sebaiknya letakkan sebuah bantal kecil atau bisa juga selimut yang dilipat pada bawah kepala bayi.
PUSAT GROSIR DISTRIBUTOR KULAKAN
100out of 100 based on 99998 ratings. 1 user reviews.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Ibu Hamil / Kesehatan Bayi / Perawatan Bayi dengan judul Menyusui Bayi. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://ibuhamilbayisehat.blogspot.com/2013/07/menyusui-bayi.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Anonim - Selasa, 23 Juli 2013

Belum ada komentar untuk "Menyusui Bayi"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Entri Populer

Artikel Ibu Hamil