Diberdayakan oleh Blogger.

Masa Perkembangan Bayi


Masa Perkembangan Bayi -  Masa perkembangan bayi sanagtlah membutuhkan bantuan Ibu. Ibu perlu untuk menjaganya agar tetap tumbuh dan berkembang dengan baik. Tidak hanya tumbuh, namun bayi juga berkembang seiring dengan usianya yang terus bertambah. Dan, pada tiap tahapan usia yang dilaluinya akan memperlihatkan perkembangan yang ditandai dengan kemajuan pada aktivitasnya Ibu perlu mengenali tahapan perkembangan bayi ini lebih dalam. Jika masing-masing tahapan perkembangan ada yang tak tercapai, Ibu patut waspada karena hal itu sangatlah berpengaruh terhadap tumbuh kembangnya secara keseluruhan.

Perkembangan bayi adalah bagian dari kecerdasan. Hal tersebut mencakup akan kemampuan perseptual, motorik (gerakan tubuh), kognitif, serta keterampilan sosial. Semua kemampuan tersebut harus diciptakan dapat lentur dalam menghadapi tuntutan hidup pada keseharian bayi nantinya. Pada umumnya, bayi akan normal dalam menempuh tahap perkembangannya. meski demikian, tiap bayi tak selalu sama akan tahap perkembangannya. Sedikit perbedaan dalam kecepatan perkembangan adalah hal yang lurah. Oleh karena itu, Ibu tak perlu kaku dalam menilai kemajuan perkembangan bayi Ibu. Ibu tak perlu cemas dulu jika perkembangan bayi tak persis sesuai standar baku jika masih dalam batas normal. Namun jika kelambanan perkembangan yang ekstrem yang diperlukan perhatian khusus.
Berikut adalah tahapan masa perkembangan bayi secara umum.
  1. 0-1 bulan, Semua aktifitas bayi masih berjalan dengan naluriah. Menangis adalah satu-satunya keterampilan berkomunikasi pertamanya.
  2. 2 bulan, memiringkan kepala selama beberapa detik, bisa tersenyum, melihat serta mengikuti wajah pengasuhnya dengan mata yang bisa mengikuti hinga sudut maksimum 90 derajat dan mengucap "oohh" dan "ahh".
  3. 3-4 bulan, bisa mengangkat kepala, menggenggam objek, mengenal suara serta merespon Ibu dengan suara.
  4. 4 bulan, bisa tengkurap
  5. 5 bulan, bisa berguling
  6. 6 bulan, bisa mengangkat dada serta perut atas ketika tengkurap
  7. 8-9 bulan, bisa merangkak
  8. 10-11 bulan, bisa merambat-rambat di sekitar kursi
  9. 9 - 12 bulan, bisa meraih mainan ketika duduk
  10. 11-12 bulan, posisi bisa berdiri
  11. 15 bulan, bisa berjalan
  12. 18 bulan, bisa berlari namun masih sering terjatuh
  13. 2 tahun, sudah lancar berjalan serta berlari
  14. 3 tahun, bisa berdiri dengan satu kaki selama beberapa saat
  15. 4 tahun, bisa berlari, memanjat, melompat, naik sepeda roda tiga
  16. 5 tahun, bisa melompat dengan satu kaki, bermain sepatu roda, renang, serta memanjat.
100out of 100 based on 99998 ratings. 1 user reviews.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Bayi / Kebutuhan Bayi / Kesehatan Bayi dengan judul Masa Perkembangan Bayi. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://ibuhamilbayisehat.blogspot.com/2013/07/masa-perkembangan-bayi.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Unknown - Kamis, 25 Juli 2013

Belum ada komentar untuk "Masa Perkembangan Bayi"

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Entri Populer

Artikel Ibu Hamil

  • Bayi Laki-laki - Bayi Laki-laki - Setiap orang tua tentu punya keninginan tersendiri soal jenis kelamin anaknya kelak. Ada yang menginginkan memiliki bayi perempuan, ada pula...
    6 bulan yang lalu