Daftar Blog Saya

Diberdayakan oleh Blogger.

Makanan Untuk Bayi

Makanan Untuk Bayi yang paling utama tetaplah Air susu ibu (ASI). ASI merupakan satu-satunya makanan yang memiliki kandungan semua gizi yang diperlukan bagi pertumbuhan bayi pada usia 0-6 bulan. Namun, saat usia 6 bulan, kebutuhan gizi bayi semakin meningkat serta tak bisa tercukupi sepenuhnya dengan ASI Sesudah bayi mencapai usia 6 bulan, selain membutuhkan ASI, bayi juga perlu untuk mendapat makanan pendamping ASI atau disingkat MPASI. Pada usia 6 bulan, sistem pencernaan bayi sudah mulai siap untuk menerima makanan selain ASI. Selai itu, Bayi juga sudah punya refleks mengunyah. Memberi MPASI sebaiknya dilakukan dengan bertahap, mulai dari makanan dengan tekstur lunak seperti bubur susu, kemudian bubur saring, lalu makanan lembek seperti bubur biasa, kemudian nasi tim, selanjutnya, mulai bisa diberikan makanan padat atau nasi biasa berdasarkan dengan tingkat usia bayi.

Lantas, makanan apa yang pertama kali sebaiknya diperkenalkan terhadap bayi? mnegenai hal itu, sebenarnya bisa makanan apa saja, namun tergantung pada respon bayi itu sendiri. Boleh dengan buah dulu atau makanan sumber karbohidrat lebih dulu. Yang terpenting diperkenalkan lebih dulu pada anak. jIka bayi tak suka, maka janganlah langsung berhenti,sebab bayi juga perlu untuk beradaptasiterhadap rasa makanan yang baru. jenis makanan yang dikenalkan sebaiknya juga disesuaikan berdasar berat badan bayi. Jika berat badan bayi terbilang kurang, maka sebaiknya pilihlah makanan yang berkalori tinggi. Pengaruh budaya juga cukup berpengaruh terhadap jenis makanan yang biasanya dikenalkan pada bayi. Di keluarga Jepang misalnya, kebanyakan mereka akan mengenalkan ikan tlebih dulu terhadap bayi mereka. Lantas bagaimana dengan resiko alergi? sebenarnya alergi bukan suatu hal yang bahaya. sehingga Ibu sebaiknya tak takut untuk mencoba. akan tetapi jika ada riwayat alergi pada orangtua bayi, maka sebaiknya jangan diberi makanan yang bisa jadi pemicu alergi, misalkan sumber protein seperti kacang, ikan, atau telur,.

Sedangkan untuk buah-buahan, pada dasarnya semua dapat diperkenalkan pada bayi. Pilih buah yang segar serta matang sehingga rasanya tidak akan masam. Sajikanlah buah saat masih segar agar kandungan vitamin Cnya tak berkurang. Sebaiknya, Buah diberikan sebanyak 2 sendok makan sekali makan dalam dua kali sehari dan tiap jenis buah sebaiknya diberikan 2-3 hari berturut-turut supaya bayi bisa mengenali rasanya. Selanjutnya, bayi baru diperkenalkan pada buah lainnya. PUSAT GROSIR DISTRIBUTOR KULAKAN
100out of 100 based on 99998 ratings. 1 user reviews.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Makanan Sehat / Nutrisi Bayi / Perawatan Bayi dengan judul Makanan Untuk Bayi. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://ibuhamilbayisehat.blogspot.com/2013/07/makanan-untuk-bayi.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Anonim - Senin, 29 Juli 2013

Belum ada komentar untuk "Makanan Untuk Bayi"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Entri Populer

Artikel Ibu Hamil