Daftar Blog Saya

Diberdayakan oleh Blogger.

Berat Badan Ibu Hamil

Berat Badan Ibu Hamil adalah salah satu hal yang harus diperhatikan dan dijaga agar tetap seimbang selain kebutuhan nutrisi ibu hamil. Peningkatan berat badan pada trimester pertama kehamilan memang tidak terlalu banyak, tidak bertambah dan bahkan mungkin berkurang dikarenakan sering muntah-muntah. Meningkatnya berat badan dengan pesat biasanya terjadi pada trimester dua dan tiga, di periode inilah diperluan pengendalian yang ekstra pada berat badan. total kenaikan berat badan secara normal selama kehamilan adalah antara 12-15 kg, sementara Memasuki trimester dua, janin akan tumbuh pesat dengan pertumbuhn sekitar 10 gram setiap harinya ( minggu ke-16 sekitar 90 gram, minggu ke-20 sekitar 256 gram, minggu ke-24 sekitar 680 gram, minggu ke-27 sekitar 900 gram). Berat badan yang ideal calon ibu ketika mulai hamil adalah sekitar 45-65 kg. Berat badan ibu hamil yang kurang atau justru berlebih akan berisiko terhadap ibu dan juga bayi yang dalam kandungan.

Kelebihan berat badan memang memberikan dampak negatif bagi ibu hamil beserta janinnya, baik itu ketika hamil, melahirkan, maupun setelah persalinan. Ibu hamil berisiko mengalami hipertensi serta diabetes. Anggapan kalau ibu hamil membutuhkan makan untuk dua orang membuat banyak ibu hamil makan lebih banyak, sehingga penumpukan kalori serta sisa asupan energi pun terjadi. sebenarnya ibu hamil hanya membutuhkan asupan makanan yang naik hanya rata-rata 10 hingga 15 persen. Setelah persalinan,beragam komplikasi masih menanti Ibu hamil. Infeksi pasca persalinan yang diakibatkan banyaknya pembuluh darah ibu yang tersumbat sering terjadi.Disamping itu, lemak yang berlipat di lapisan kulit adalah media yang kondusif bagi pertumbuhan kuman yang menyebabkan infeksi. Selain itu,, plasenta yang berguna menyuplai oksigen akan menyempit dikarenakan lemak, ini bisa menghambat tumbhnya bayi. suplai oksigen yang terhambat bisa merusak sel-sel otak janin dan menyebabkan kecerdasan bayi menjadi berkurang.

Ibu hamil sebaiknya makan makanan bergizi dengan gizi seimbang, jangan merokok, minum minuman beralkohol, minum obat yang tidak penting dan istirahat dengan cukup. Selain itu, pastikan Ibu sudah memenuhi kebutuhan asam folat, jika tidak, dapat menyebabkan spina bifida yakni kondisi dimana penutupan medula spinalis terganggu. Pada ibu ha,il yang kekurangan berat badan, kenaikan berat badan yang disarankan ialah 0,5 kg tiap minggunya. ibu hamil perlu untuk mengonsumsi karbohidrat, protein/asam amino, vitamin serta mineral. Makanan berserat serta buah-buahan sangat disarankan karena dapat mempertahankan rasa kenyang dengan lebih lama, selain juga untuk mengurangi kadar kolesterol dalam darah. Adapun pembatasan kalori sendiri, masih menjadi kontraversi, sebab di sisi lain, janin memerlukan nutrisi lebih dimana pengurangan kalori dikhawatirkan dapat mengganggu perkembangan bayi. PUSAT GROSIR DISTRIBUTOR KULAKAN
100out of 100 based on 99998 ratings. 1 user reviews.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Ibu Hamil / Ilmu Kehamilan / Kandungan Sehat dengan judul Berat Badan Ibu Hamil. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://ibuhamilbayisehat.blogspot.com/2013/07/berat-badan-ibu-hamil.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Anonim - Selasa, 02 Juli 2013

Belum ada komentar untuk "Berat Badan Ibu Hamil"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Entri Populer

Artikel Ibu Hamil