Daftar Blog Saya

Diberdayakan oleh Blogger.

Berat Badan Bayi

Berat Badan Bayi tiap bayi satu dengan yan lainnya berbeda-beda. Namun pada umunya, berat badan bayi yang baru lahir adalah sekitar 2,5 hingga 4,5 kg. Berat badan serta ukuran bayi bisa dipengaruhioleh banyak faktor. Mulai berdasar faktor keturunan, kesehatan sang Ibu, hingga kecukupan gizi yang dikonsumsi oleh Ibu selama kehamilan. Dan yang perlu Ibu ketahui, ukuran dan berat badan bayi bukanlah hal yang akan benar-benar menentukan pertumbuhan bayi kedepannya. Yang penting adalah, berapa berat badan bayi sesudah dilahirkan.


Biasanya, perkembangan bayi akan dicatat pada grafik personal dari Dokter Spesialis Anak (DSA). Grafik ini yang bisa dijadikan acuan apa bayi mengalami pertumbuhan normal ataupun tidak. Menjelang bulan ke empat, biasanya bayi akan mencapai berat badan hingga dua kali lipat berat badan dari saat dilahirkan. Pastikanlah Ibu untuk secara rutin memeriksa perkembangan kesehatan bayi, dengan bagitu, perubahan yang terjadi bisa diawasi dengan tepat, serta DSA bisa menjawab semua pertanyaan Ibu yang berkaitan dengan perkembangan bayi Anda. Berdasarkan grafik perkembangan kesehatan, berat badan bayi sehat akan memperlihatkan grafik peningkatan pada tiap tahap pertambahan usia. Sangat sulit untuk percaya pada angka serta jumlah yang akurat bila Ibu sendiri yang melakukan pengukuran. Pengukuran pada dasarnya dilakukan pada tiga hal, yaitu:
1. Berat Badan
Sesudah melepas pakaian pada bayi, dokter atau perawat selanjutnya akan menempatkan bayi di timbangan khusus untuk mengukur berat badannya. Pengukuran berat badan bayi biasanya akan dicatat dalam satuan kilo gram, Ibu bisa denga segera mengetahui berat badan bayi secara akurat. 
2. Tinggi/Panjang Badan
Dalam posisi  terbaring, dokter atau perawat akan melakukan pengukuran bayi mulai dari atas kepala hingga tumit. Sejumlah rumah sakit memakai alat khusus dengan bagian kepala serta kaki dari ranjang pengukur untuk mendapat hasil yang akurat.

3. Lingkar Kepala
Selain berat dan panjang bayi, penting juag mengetahi ukuran lingkar kepala bayi. Untuk melakukan pengukuran lingkar kepala bayi, dokter atau perawat akan melingkarkan alat pengukur fleksibel khusus tepat pada atas alis serta telinga. mengukur lingkar kepala bayi sangatlah penting untuk mengetahui apa ukuran tengkorak serta otak bayi sudah sesuai dengan pertumbuhannya dalam batas yang normal. Dengan pengukuran lingkar kepala, dokter bisa langsung mendeteksi jika terdapat penyakit ataupun ketidakwajaran di dalam pertumbuhan bayi Ibu. Akan tetapi. Besar atau kecilnya kepala bayi juga bisa dipengaruhi oleh faktor keturunan atau ukuran kepala Ibu dan ayahnya.
PUSAT GROSIR DISTRIBUTOR KULAKAN
100out of 100 based on 99998 ratings. 1 user reviews.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Kesehatan Bayi / Perawatan Bayi dengan judul Berat Badan Bayi. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://ibuhamilbayisehat.blogspot.com/2013/07/berat-badan-bayi.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Anonim - Senin, 01 Juli 2013

Belum ada komentar untuk "Berat Badan Bayi"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Entri Populer

Artikel Ibu Hamil