Daftar Blog Saya

Diberdayakan oleh Blogger.

Nutrisi Pada Ibu Hamil

Kebutuhan Nutrisi Pada Ibu Hamil sangat dibutuhkan dan penting untuk dipenuhi dengan cukup. Tidak hanya demi menjaga kesehatan sang ibu hamil sendiri, namun juga demi menunjang tumbuh kembang bayi di dalam kandungan sang Ibu. Oleh karena itu, Ibu harus mencukupi kebituhan nutrisi ibu hamil yang cenderung semakin meningkat saat hamil. Berikut adalah beberapa bahan makanan yang memiliki banyak kandungan nutrisi yang baik untuk ibu hamil.


1. Sayuran Hijau
Sayuran berwarna hijau tua seperti kangkung dan bayam merupakan sumber serat, folat, zat besi dan vitamin C. Saat mas kehamilan, ibu hamil akan beresiko kekurangan zat besi. Konsumsi sayur bayam akan dapat membantu ibu untuk mengatasi masalah kurang zat besi saat masa kehamilan. Di sisi lain, serat akan membantu ibu hamil untuk mencegah tejadinya sembelit. Sedangkan vitamin C akan membantu dalam proses penyerapan zat besi pada ibu hamil. Sementara folat dibutuhkan untuk mendukung tumbuh dan kembang bayi di dalam kandungan.
2. Nasi Merah
Nasi merah merupakan makanan yang kaya akan zat besi, serat dan vitamin B. Selain itu, nasi merah juga rendah indeks glikemik serta dapat membantu ibu hamil untuk merasa kenyang lebih lama. Kelompok vitamin B dibutuhkan untuk menjaga kesehatan sistem saraf serta produksi sel darah merah. Ketika ibu hamil, volume darah akan meningkat hingga 40 persen.
3. Buah Stroberi
Stroberi seringkali dijuluki sebagai makanan super karena memiliki kandungan folat, serat, antioksidan dan vitamin C yang besar. Antioksidan yang dikonsumsi sebelum serta sepanjang masa kehamilan akan bermanfaat untuk membantu melindungi bayi dari resiko diabetes tipe 2 dan obesitas. Terdapat pula kaitan antara antioksidan serta penurunan resiko preeklamsia, tekanan darah tinggi yang serius yang terjadi ketika ibu hamil. Memang masih diperlukan lebih banyak study untuk mengetahui penelitian ini. Namun tidak ada salahnya ibu hamil megonsumsi buah stroberi yang nikmat dan menyegarkan itu.
4. Minyak Ikan
Penting bagi ibu hamil untuk memperleh asupan dua porsi ikan yang memiliki kandungan asam lemak omega tiga yang baik. Asam lemak ini dibutuhkan oleh ibu hamil demi perkembangan mata serta sistem saraf bayi. Sumber makanan yang kaya akan asam lemak omega 3 adalah ikan salmon dan ikan kembung. Akan tetapi, British Nutrition Foundation memperingatkan Ibu hamil agar tidak berlebihan saat makan ikan karena dikhawatirkan ikan tersebut memiliki kandungan polutan yang berbahaya bagi bayi dalam kandungan.
5. Buah Pisang
Buah yang satu ini memiliki kandungan potasium yang dibutuhkan untuk mengatasi penahanan cairan yang membuat kaki menjadi bengkak serta kram ketika hamil. Buah Pisang juga mengandung serat serta gula yang dirilis secara perlahan hingga membuat ibu merasa kenyang lebih lama. Serat baik untuk mencegah terjadinya sembelit. Jadikanlah pisang sebagai camilan yang menyehatkan untuk ibu hamil.
6. Daging Merah
Daging merah tanpa lemak adalah sumber zat besi yang dibutuhkan saat masa kehamilan supaya ibu hamil tidak terkena anemia. Daging merah juga merupakan smber kaya protein. Hindari konsumsi hati ketika hamil karena mengandung retinol yang tinggi. Retinol merupakan bentuk vitamin A yang dapat berbahaya bagi calon bayi dalam kandungan. PUSAT GROSIR DISTRIBUTOR KULAKAN
100out of 100 based on 99998 ratings. 1 user reviews.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Gizi Ibu Hamil / Makanan Ibu Hamil / Makanan Sehat dengan judul Nutrisi Pada Ibu Hamil. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://ibuhamilbayisehat.blogspot.com/2013/06/nutrisi-pada-ibu-hamil.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Anonim - Kamis, 27 Juni 2013

Belum ada komentar untuk "Nutrisi Pada Ibu Hamil"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Entri Populer

Artikel Ibu Hamil