Daftar Blog Saya

Diberdayakan oleh Blogger.

Posisi Tidur Yang Baik Selama Hamil

Setelah masa kehamilan mulai memasuki tremester ketiga dan seterusnya, mencari posisi tidur yang baik selama hamil memang sedikit sulit karena perut yang semakin membesar. Hal ini kerap kali membuat ibu hamil menjadi kurang nyaman saat beristirahat. Keadaan ini biasanya dapat membuat ibu hamil merasa cemas, bahkan dari tremester kedua karena sudah merasa tidak nyaman mencari posisi tidur yang baik.


Meskipun janin dalam kandung tidak memiliki masalah dalam posisi tidur ibu hamil, karena didalamnya sudah terdapat ketuban yang mampu melindunginya. Namun ibu hamil tetap harus berhati-hati untuk memilih posisi tidur yang tepat agar dapat memberikan kenyamanan untuk ibu hamil maupun untuk janin dalam kandungan.

Berikut ini merupakan posisi tidur yang baik selama hamil yang dapat anda lakukan:


  • Tidur dengan posisi telentang – jika usai kehamilan anda sudah memasuki 16 minggu sebaiknya tidak melakukan posisi ini. Karena pada usia 16 minggu, berat rahim anda cukup besar sehingga tidur dalam posisi telentang ini, anda meletakkan seluruh berat rahim di atas tubuh anda dan dapat menyebabkan sakit pinggang. Selain itu, posisi tidur telentang pada usia kehamilan tremester kedua dapat mempengaruhi tekanan darah sehingga posisi ini tidak dianjurkan.
  • Tidur dengan posisi miring – untuk tidur yang lebih nyaman, pada usia kehamilan yang sudah memasuki 16 minggu anda dapat melakukan posisi tidur miring ke sebelah kiri. Karena pada posisi ini, janin anda akan menerima nutrisi yang cukup maksimal ke plasenta karena adanya vena besar dibagian belakan sebelah kanan svina yang dapat mengembalikan aliran darah ke tubuh bagian bawah ke jantung.
  • Tidur dengan posisi tengkurap – posisi yang cukup aman untuk ibu hamil adalah dengan posisi tidur tengkurap, namun posisi ini dianjurkan pasca kehamilan tremester pertama. Karena payudara yang mengalami pembesaran dan juga payudara yang lebih sensitif akan menimbulkan ketidaknyamanan untuk tidur tengkurap. Oleh karena itu, posisi ini hanya dapat dilakukan pasca kehamilan tremester pertama saja.


Itulah beberapa posisi tidur yang baik selama hamil yang dapat kami sampaikan pada artikel diatas. Semoga tips kehamilan ini dapat bermanfaat untuk anda semua.
PUSAT GROSIR DISTRIBUTOR KULAKAN
100out of 100 based on 99998 ratings. 1 user reviews.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Ibu Hamil / Ilmu Kehamilan / Kesehatan Bayi / Tips Kehamilan dengan judul Posisi Tidur Yang Baik Selama Hamil. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://ibuhamilbayisehat.blogspot.com/2014/08/posisi-tidur-yang-baik-selama-hamil.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Kowau Subrata - Selasa, 19 Agustus 2014

Belum ada komentar untuk "Posisi Tidur Yang Baik Selama Hamil"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Entri Populer

Artikel Ibu Hamil