Diberdayakan oleh Blogger.

Tips Perawatan Bayi

Tips Perawatan Bayi - merawat bayi adalah hal yang menyenangkan, namun juga seringkali menjadi hal yang menyulitkan. Hal itu karena, bayi masih sangat sensitif, terlebih saat baru lahir. Nah, untuk Anda para Ibu yang sedang punya momongan dedek bayi, mungkin bisa mencoba tips perawatan bayi berikut ini.


  • ASI atau air susu ibu merupakan makanan utama bagi bayi yang sangat besar manfaatnya yang tidak akan tergantikan dengan susu formula. Oleh karena itu, sebisa mungkin usahakan agar Ibu selalu memberikan ASI Eksklusif pada bayi. hanya ASI lah yang paling steril dan mudah dicerna oleh sistem pencernaan bayi. Ibu perlu untuk mengonsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna setidaknya tiga kali sehari. Selain untuk menjamin asupan gizi ASI, juga  sekaligus sebagai pemulihan dan perawatan kesehatan bagi ibu sendiri saat masa pasca persalinan. Sehingga, ASI adalah hal yang paling utama bagi bayi.
  • Bayi sebenarnya tak harus dimandikan, sebenarnya bisa cukup dengan mencelupkan ke dalam bak mandi dalam waktu 1 hingga 2 minggu pertama kelahirannya. Meski begitu bayi harus tetap dibersihkan serta dikeringkan tiap kali buan air kecil atau buang air besar. Jika tali pusat belum puput, bayi Anda cukup dibersihkan menggunakan path saja sebab puntung tali pusatnya yang masih basah akan rentan terkena infeksi. Gunakanlah air dengan suhu hangat kuku. Buka pakaiannya dan kemudian denga segera selimuti menggunakan handuk. Selanjutnya Buka area tubuh bayi yang akan dilap saja supaya bayi tak kedinginan. Sementara untuk area wajahnya, tak perlu memakai sabun. Gunakanlah sabun untuk mengelap bagian tubuh lain. Dan jangan lupa untuk membersihkan juga daerah selangkangan bayi.
  • Penggunaan bedong atau gurita pada bayi sebenarnya tidak dianjurkan. Sebab pada dasarnya tujuan pemakaian bedong hanyalah untuk menjaga agar tubuh bayi tetap terjaga kehangatannya serta mencegah pusar bodong. Hal ini sebenarnya hal yang tidak harus dilakuakn pada bayi karena memang tidak punya alasan yang jelas. Penggunaan bedong, terlebih jika dikenakan terlalu ketat, bisa menekan dinding perut bayi sehingga bayi tak dapat dengan bebas mengembang ketika bernapas. Sehingga, bedong akan menghalangi pernafasan bayi. Membedongan bayi, sebenarnya lebih tepat jika diperuntukkan supaya bayi merasa hangat serta tidur dengan nyenyak, akan tetapi, dengan catatan, pakaikan bedong dengan longgar. seringkali terjadi, bayi dibedong dengan terlalu kuat dan rapat.. Padahal hal ini tak boleh sebab bisa mengganggu peredaran darah, menghambat pernapasan, serta bisa pula mengganggu perkembangan gerakan (motorik) pada bayi sebab tangan beserta kakinya tak bisa bergerak dengan leluasa.
  • Umumnya bayi ditidurkan dengan posisi alami, yaitu terlentang. Dahulu, sering dianjurkan supaya bayi ditidurkan dengan posisi tengkurap atau tertelungkup yang dimaksudkan demi menghindari bahaya bayi tersedak atau aspirasi. Padahal, yang mungkin terjadi malah bahaya, yaitu sindrom kematian mendadak pada bayi yang ditidurkan dengan posisi telungkup. Lain halnya jika bayi sudah bisa tengkurap dengan sendirinya, biarkanlah ia mencari posisi tidurnya sendiri yang paling nyaman. Oleh karena itu, sebelum bayi berumur 4 bulan, janganlah menidurkan bayi dalam posisi tengkurap atau telungkup.
  • Pada bayi kuning tak disarankan untuk berjemur dibawah papparan sinar matahari. Kuning pada bayi akan hilang dengan sendirinya saat memasuki minggu kedua. Akan tetapi, bukan berarti hal ini dilarang. Boleh dilakukan jika hal ini bisa memberikan efek psikologis pada Anda, namun begitu, janganlah terlalu lama-lama. Lakukanlah selama kurang lebih selama 15 menit dibawah sinar matahari yang masih pagi.
Demikianlah beberapa tips perawatan bayi yang semoga bisa bermanfaat, terutama bagi ibu yang punya momongan adek bayi.
PUSAT GROSIR DISTRIBUTOR KULAKAN
100out of 100 based on 99998 ratings. 1 user reviews.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Kesehatan Bayi / Perawatan Bayi dengan judul Tips Perawatan Bayi. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://ibuhamilbayisehat.blogspot.com/2013/07/tips-perawatan-bayi.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Unknown - Senin, 01 Juli 2013

Belum ada komentar untuk "Tips Perawatan Bayi"

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Entri Populer

Artikel Ibu Hamil

  • Bayi Laki-laki - Bayi Laki-laki - Setiap orang tua tentu punya keninginan tersendiri soal jenis kelamin anaknya kelak. Ada yang menginginkan memiliki bayi perempuan, ada pula...
    11 bulan yang lalu