Daftar Blog Saya

Diberdayakan oleh Blogger.

Promosi Kesehatan

Promosi Kesehatan dapat diartikan sebagai sebuah proses yang memungkinkan individu untuk dapat meningkatkan derajat kesehatannya. Termasuk juga kesehatan secara fisik, mental serta sosial, hingga seseorang atau masyarakat bisa memenuhi hajat hidupnya, mencukupi segala kebutuhan, dan merubah atau mengatasi lingkungan di sekitarnya. Kesehatan merupakan sumber daya kehidupan yang bukan hanya sebatas untuk objek hidup.


Kesehatan merupakan sebuah konsep positif yang tak bisa dilepaskan dari sosial serta kekuatan personal. Sehingga promosi kesehatan tak hanya bertanggungjawab terhadap sektor kesehatan, namun juga gaya hidup yang lebih sehat. promosi kesehatan memiliki sejumlah level pengertian dengan konsep promosi kesehatan ialah segala upaya yang menekankan terhadap perubahan sosial, pengembangan lingkungan, pengembangan kemampuan individual serta kesempatan dalam bermasyarakat. Juga merubah perilaku individu, organisasi serta sosial dalam meningkatkan status kesehatan individualserta masyarakat. Berlandas pada konsep dasar tersebut, maka area promosi kesehatan meliputi:
  • infrastuktur yang kuat untuk promosi kesehatan
  • menciptakan lingkungan yang mendukung kesehatan
  • membangun kebijakan kesehatan publik
  • memberdayakan masyarakat
  • berorientasi pada layanan kesehatan
  • mengembangkan kemampuan personal
  • promote social responbility of health
  • meningkatkan konsolidasi dan memperluas kerjasama untuk kesehatan
  • meningkatkan investasi kesehatan dan ketidakadilan social
  • memberdayakan masayarakat dan meningkatkan kemampuan masyarakat.
Dengan begitu, perlu untuk disadari oleh tiap individu bahwasanya usaha promosi kesehatan adalah tanggung jawab bersama, tidak hanya dari sektor kesehatan, namun juga pada lintas sektor, masyarakat serta dunia usaha. Promosi kesehatan memerlukan dukungan dari semua pihak yang memiliki kepentingan. Dibutuhkan kesamaan pengertian, efektifitas kerja sama, sinergi antar aparat kesehatan, serta semua pihak dari setiap komponen bangsa dalam mewujudkan visi, tujuan serta sasaran dari promosi kesehatan. PUSAT GROSIR DISTRIBUTOR KULAKAN
100out of 100 based on 99998 ratings. 1 user reviews.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Ilmu Kesehatan / Kesehatan dengan judul Promosi Kesehatan. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://ibuhamilbayisehat.blogspot.com/2013/07/promosi-kesehatan.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Anonim - Rabu, 10 Juli 2013

Belum ada komentar untuk "Promosi Kesehatan"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Entri Populer

Artikel Ibu Hamil