Daftar Blog Saya

Diberdayakan oleh Blogger.

Definisi Kesehatan Masyarakat


Definisi Kesehatan Masyarakat menurut profesor Winslow dari Universitas Yale (Leavel and Clark, tahun1958) yakni ilmu serta seni dalam mencegah penyakit, memperpanjang hidup, meningkatkan kesehatan fisik serta mental, serta efisiensi melalui upaya masyarakat yang terorganisir dalam meningkatkan sanitasi lingkungan, pengendalian infeksi di masyarakat, pendidikan perorangan mengenai kebersihan, pengorganisasian pelayanan medis serta perawatan, untuk diagnosa dini, pencegahan penyakit serta pengembangan aspek sosial, yang akan mendukung supaya tiap orang di masyarakat memiliki standar kehidupan yang kuat dalam menjaga kesehatan.

Daya tahan masyarakat bergantung juga terhadap daya tahan perorangan yang membentuk masyarakat itu. Semakin tinggi daya tahan perorangan, dan semakin banyaknya peroragan yang meningkatkan daya tahan tubuhnya, maka akan semakin tinggi pula daya tahan masyarakat, hingga kesehatan masyarakat juga akan lebih terjamin. Kemiskinan adalah lingkungan hidup yang sangat membahayakan bagi kesehatan manusia, baik itu jasmani, rohani maupun sosial. Sebab kemiskinan, orang tak bisa memenuhi kebutuhan terhadap makanan yang sehat, sehingga akan dapat melemahkan daya tahan tubuh, makanya, masyarakat akan mudah terserang suatu penyakit. Malahan, sebab kekurangan makanan itu sendiri bisa menyebabkan orang jadi sakit seperti Busung lapar orang dewasa, Kwashiorkor (protein calori malnutrition), penyakit kurangan vitamin semisal Xerophthalmi, scorbut, dan beri-beri.

Kemiskinan yang sedemikian parah bisa meruntuhkan hak manusia secara menyeluruh sehingga tak lagi menunaikan kewajiban sosialnya. Membuat masyarakat jadi tidak atau kurang bertanggung jawab. Menumbuhkan sifat egoistis, serta munculnya beragam jenis kejahatan, baik itu yang dilakukan oleh anak-anak/remaja ataupun yang dilakukan oleh orang dewasa. Oleh karenanya, perkembangan pada bidang kesehatan haruslah sejalan juga dengan perkembangan dalam bidang sosial-ekonomi. Upaya-upaya kesehatan haruslah dilaksanakan supaya kondisi sosial-ekonomi bisa maju, sebaliknya, hanya dalam kondisi sosial-ekonomi yang baiklah upaya-upaya kesehatan bisa berkembang dengan baik. Sikap gotong-royong, patuh serta menghormati hukum yang berlaku pada masyarakat, berperikemanusiaan berdasarkan keTuhanan Yang Maha Esa. Upaya-upaya kesehaatan serta faktor-faktor yang mempengaruhinya sehingga masyarakat tetap hidup sehat, yakni dengan :
  • Membasmi sumber penularan penyakit, baik itu dengan mengobati penderita maaupun carrier (pembawa basil) atau dengan meniadakan reservoir penyakitnya.
  • Mlakukan pencegahan terhadap terjadinya kecelakaan baik itu di tempat umum ataupun di tempat kerja.
  • Meningkatkan kualitas hidup masyarakat, sehinga mereka bisa memperbaiki serta memelihara kesehatannya.
  • Mencegah timbulnya penyakit keturunan yang dikarenakan faktor endogen.
  • Meningkatkan daya tahan tubuh manusia serta meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang prinsip-prinsip kesehatan perorangan
  • Merubah atau memengaruhi lingkungan hidup, sehingga faktor-faktor yang tak baik bisa diawasi sedemikian rupa hingga tak akan membahayakan kesehatan masyarakat.
PUSAT GROSIR DISTRIBUTOR KULAKAN
100out of 100 based on 99998 ratings. 1 user reviews.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Ilmu Kesehatan / Kesehatan / Kesehatan Masyarakat dengan judul Definisi Kesehatan Masyarakat. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://ibuhamilbayisehat.blogspot.com/2013/07/definisi-kesehatan-masyarakat.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Anonim - Jumat, 19 Juli 2013

Belum ada komentar untuk "Definisi Kesehatan Masyarakat"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Entri Populer

Artikel Ibu Hamil