Daftar Blog Saya

Diberdayakan oleh Blogger.

Perut Ibu Hamil

Perut Ibu Hamil sseringkali mengalami nyeri dan biasanya sering terjadi pada daerah bagian bawah perut. Akan tetapi, rasa nyeri dapat juga timbul pada bagian perut lain. Dalam banyak kasus, rasa nyeri yang muncul bukan merupakan masalah yang serius. Akan tetapi, ada juga sebagian lainnya yang rasa nyerinya dapat menjadi gejala dari masalah yang serius. Maka dari itu, sangat penting untuk ibu hamil mengetahui hubungan antara kehamilan dengan rasa nyeri di perut bagian atas. Dan Berikut adalah sejumlah penyebab nyeri perut ketika masa kehamilan:


1. Kehamilan Ektopik
Kehamilan ektopik terjadi saat embrio ada di luar rongga rahim. Di dalam banyak kasus kehamilan ektopik, implantasi embrio biasanya terjadi dalam tuba falopi. Akan tetapi, embrio juga dapat berada di leher rahim, indung telur, ataupun daerah perut. Bila tak segera ditangani, kehamilan ektopik bisa menimbulkan perdarahan dan komplikasi lain.
Keadaan ini berpotensi untuk mengancam jiwa sehingga dibutuhkan penanganan dengan segera.
2. Keguguran
Keguguran sering dialami saat periode beberapa bulan pertama masa kehamilan. Bila seorang wanita merasakan nyeri di perut yang diikuti oleh kelemahan serta keluarnya darah, maka segeralah menghubungi dokter.
3. Preeklamsia
Salah satu hal yang menjadi penyebab utama rasa nyeri pada perut ialah preeklamsia yang terjadi saat trimester kedua atau ketiga masa kehamilan. Keadaan ini terjadi saat ibu hamil menderita hipertensi atau bisa juga saat mengalami tekanan darah tinggi diiringi dengan semakin meningkatnya kandungan protein di dalam urine. Preeklamsia akan menyebabkan adanay perubahan pembuluh darah sehingga organ-organ tertentu di dalam tubuh seperti otak, ginjal dan hati dapat terpengaruh. Keadaan ini juga akan berdampak negatif untuk plasenta.
4. Sindrom HELLP
Sindrom HELLP merupakan gangguan yang biasanya terjadi saat tiga bulan terakhir masa kehamilan. HELLP adalah singkatan dari Hemolysis, elevated liver enzymes, and low platelet count. Ketika sedang mengalami keadaan ini, timbullah rasa nyeri yang parah pada sisi kanan atas perut. Sindrom HELLP bisa mengarah pada terjadinya preeklamsia. PUSAT GROSIR DISTRIBUTOR KULAKAN
100out of 100 based on 99998 ratings. 1 user reviews.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Kesehatan Ibu Hamil / Penyakit Ibu Hamil / Tips Kehamilan dengan judul Perut Ibu Hamil. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://ibuhamilbayisehat.blogspot.com/2013/06/perut-ibu-hamil.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Anonim - Minggu, 30 Juni 2013

Belum ada komentar untuk "Perut Ibu Hamil"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Entri Populer

Artikel Ibu Hamil